Saturday, December 31, 2005

semarang, seminggu lalu

wew, malesnya, padahal udah basi ni cerita :( begitulah, bulan depan SIM gw abis. demi kelancaran bertugas, maka gw bela2in ke semarang buat bikin. tantangannya adalah, gw ga mungkin ambil cuti bulan ini dan satu2nya hari gw bebas adalah hari sabtu. siasat mulai jalan.

tidak ada bus 24 jam yang langsung ke semarang dari jogja. makanya gw transit di solo, karena lebih banyak bus ke semarang langsung dari solo. jam 1 malem dari janti gw brangkat bareng BIM n mas Agus pake bus ekonomi. tepat jam 2 pagi, nyampe terminal tirtonadi solo. setelah perpisahan secukupnya, gw cari bus jurusan semarang. agak susah juga, karena gw jarang ke solo. apalagi ke terminalnya.

setelah mengamankan diri di bus, jam 2.30 bus mulai merayapi jalan solo semarang. masih ramai walopun engga padet. perasaan baru sebentar dari tirtonadi begitu gw sadar bahwa bus udah masuk ke boyolali (kampung halaman singgih :P), dan terus jalan ke salatiga sampai di bawen. mungkin hanya 80 km/jam tuh bus. tapi karena jalanan lancar, waktu yg dihabiskan tidak banyak. jam 4 pagi, gw telpon rumah, nanyain angkot dari RS kariyadi ke rumah. bayangin, kalo gw pake bus biasa, gw kudu ganti angkot dari banyumanik! what a surprise...

setelah turun dari bus, gw ditawarin beca n ojek. beca gw tolak krn engga tega nyuruh orang ngegoes sejauh itu dng permukaan tanah yg bergelombang. kasian abangnya. ojek gw tolak karena harganya keterlaluan. masa dari kariyadi ke rumah minta rp 10.000? wew, jogja solo aja cuma rp 7.500. untungnya, ada angkot yg lewat. sehingga, dng duid 2.000 perak, gw udah nongol di rumah dng gegap gempita menceritakan pengalaman baru ini.

jam 1 dari jogja dan jam 4.30 udah nyampe rumah. mungkin waktu yg agak lama. tapi sepadan dng ongkos yg dikeluarin dan suasana yg gw dapet. sekali jalan, gw ngeluarin rp 7.500 ongkos bus ekonomi jogja-solo, rp 200 ongkos peron, rp 16.000 ongkos bus solo smg dan rp 2.000 buat angkot ke rumah. total cuma rp 25.700. bandingin dng ongkos nusantara yg rp 30.000 ato joglosemar yg rp 40.000. sisa yg lumayan buat jajan bakso :P

mungkin, kesempatan balik berikutnya, gw mau pake cara ini juga. it's fun! ato engga? ngelihat kota dalam keadaan lengang, lampu2 yg ga begitu terang yg kemerlip di kejauhan, dan manusia2 yg letih tergerus oleh roda waktu. hmmm... allahuakbar!

No comments: