Thursday, March 30, 2006

cuti 1 (250306)

setelah deg2an selama lebih dari satu hari, gw akhirnya brangkat dari jogja menuju bandung juga. damn, i don't like all of those anxiety of travelling. tapi ya sudahlah, fokus pada tujuan semula. ketemu jingga.

berangkat satu jam terlambat dari jadwal semula, turangga enggak bikin gw nyaman selama di perjalanan. dng segala kecoak2 kecil yg ikut merayapi dinding gerbong dari surabaya ke bandung. INIKAH EKSEKUTIF!? sudahlah, aku menyembunyikan diri di balik selimut.

hujan sudah turun sejak kereta memasuki tasik. bandung jadi lebih dingin dari yg pernah aku rasa. belum tegak aku berdiri, aku lihat jingga ada di sebelah jendela. uf, dia tak pernah lebih manis dari hari itu :D

nasib baik yg menaungi jingga membawa kami duduk di tepi stasiun sambil menyeruput coklat panas. obrolan sepasang kekasih yg terpisah jarak dan ruang itu ternyata harus terhenti oleh satu nasib baik lagi. ga ada yg lebih baik lagi daripada mendapat tiga tiket gratis bioskop di hari sedingin itu.

"ruang" sebenarnya adalah film yg punya kualitas pengambilan gambar yg bagus sekali. seperti melihat foto2 dari prewedding kelas atas. tapi dng kualitas cerita n pace yg lambat sekali, aku cuma bisa nyender ke pundak jingga n tidur dari paruh sampai akhir film.

tak disangka, mba neneng juga ada di bandung. atas nama pertemanan, kami sepakat untuk berangkat ke jakarta bareng esok hari. karena hari ini aku berrencana menghabiskan waktu bersama jingga.

adalah kampung daun yg begitu terkenal tetapi pencapaiannya mengharuskan konsumen mempunyai tekad kuat ato paling enggak mesin motor yg tokcer untuk ngelewatin semua tanjakan, lubang jalanan n iring2an mobil. perjalanan melelahkan selama 45 menit ternyata terbayar. kampung daun emang layak atas semua perjuangan itu.

saat itu, malam menjadi milik kami. first love, wonderfull tonight dan fly me to the moon dari sepasang pemusik keliling membuai kalbu, memesona. aku takluk pada sepasang mata lembut itu.

bulan seharusnya dipasung agar tidak cepat2 melintasi lautan bintang.

duh, knapa kita juga sibuk berbalas salam dng orang yg bahkan tidak ada di saung itu? aku jadi mengerti ketika kamu mengatakan batas privasi seseorang menjadi berkurang dng kemajuan teknologi manusia bertajuk handphone.

aku tidak ingin mengulangi kenangan itu, tetapi aku akan coba buat lebih baik. mungkin kenangan itu akan aku tangkap dan aku letakkan di teras belakang rumah. jadi kita bisa menikmati kapanpun kita mau.

Friday, March 24, 2006

kamu lucu sekali

status ulat_busuk: ini mimpi buruk, seseorang tolang bangunkan aku, akira kurosawa ato siapapun!!

yeni_kirika: kak law, akira kurosawa itu sapa? ngarang komik apa yah?

oalah, nduk! kowe ki lucu banget :D

Monday, March 20, 2006

Senja di atas Gazibu

Senja di atas Gazibu
untuk kekasihku

baru saja aku melihat senja
senja yang sama
seperti yang pernah kulihat
sewarna rambut kekasihku beberapa bulan lalu

senja itu masih sama seperti kemarin
seperti kemarinnya
dan seperti kemarinnya lagi

senja biasa
dengan matahari yang kelelahan
dengan sedikit mendung
dan sedikit jingga yang menggantung

senja biasa
tidak terang
dan tidak pula gelap
kadang ada bintang merah di ujungnya

kadang kalau aku beruntung
ada selarik cahaya matahari
yang terperangkap di sela awan
terurai menjadi cahaya warna warni
cahaya yang dulu selalu kuhayalkan dari surga
dan kini kutahu hanya ada di Bulan Desember

senja memang tidak biasa untukku
sepenggal waktu
berwarna oranye kemerahan
karena matahari belum sempurna tertelan cakrawala
dan terang belum beranjak sepenuhnya

menatap senja
menatap lukisan di kanvas langit barat
ketika Sang Juru Taman menata bata
untuk pagar tamanNya

Friday, March 17, 2006

sapa mau minum jamu?

sebenernya ini bisa jadi seperti hari liputan wisata yg normal. tapi enggak, sepertinya gw kudu muter2 setengah jogja dulu baru bisa bekerja.

begitulah, bukan hari yg spesial. jam 8.30 pagi gw bangun krn udah janjian sama mba nur buat jalan wisata. mengingat kemaren sudah ditunda, gw kudu cepet2 ke kantor krn ga pengen ditunda lagi gara2 telat ato molor. well, penundaan lain malah bakal bikin gw sendiri yg kelabakan.

setelah ngeganjel perut dng indomie, rombongan berangkat ke jamu godhog di kaliurang. sekitar 21 km dari kota jogja. perjalanan yg bisa ditempuh dng 30 menit berkendaraan pake mobil. yg mengejutkan adalah reaksi mba nur yg menganggap tempat itu tidak cocok untuk diangkat sebagai wisata. well, she's the boss, 'aight?

akhirnya, dia memutuskan untuk menilik canti gampingan di piyungan, bantul. yeah, 45 minutes ride from kaliurang. tapi yg paling memakan waktu adalah ketidak tahuan posisi pasti dari candi oleh kami bertiga. begitu sampai di lokasi, candi gampingan tak lebih dari onggokan batu gunung terpahat yg masih terserak dng genangan air hujan semalam. lebih enggak cocok dijadikan tempat wisata dari jamu godhog.

saatnya memakai rencana C. ke candi sewu n plaosan di prambanan. sekitar 20 menit perjalanan dari gampingan. perjalanan yg menyenangkan krn melewati candi boko dan papan petunjuk ke arca gupala n candi ijo (harap diingat2). setelah melanggar lampu merah dan berusaha untuk tidak berbelok ke jalan yg salah, sampai juga ke candi plaosan. sebelum sampai, gw sempet liat sekilas ke gedung yg tampaknya kantor pemerintahan. di papan nama tertulis "kantor dinas purbakala provinsi jawa tengah". bagi yg belum ketawa, gw kasih tau. bahwa ada perjanjian antara biro jawa tengah dan biro yogyakarta yg mengatur tata cara peliputan. liputan antar wilayah tanpa pemberitahuan akan menimbulkan masalah di kelak kemudian hari. risiko yg ga mau diambil mba nur. rencana D pun digagas.

candi ijo dan arca gupala (kalian masih ingat tempat ini?). benar, kami melewati papan petunjuk jalan dalam perjalanan ke plaosan. yup, papan petunjuk jalan. krn cuma aa' gim yg pernah ke tempat itu. dalam perjalanan yg tinggal beberapa km dari candi ijo, mba nur berpikir ulang. gw pikir ada hubungannya dng "dari jalan, kita harus berjalan lumayan jauh ke candi".

mari kembali ke papan rencana. jika anda sudah memakai rencana A, rencana B, rencana C dan rencana D merupakan rencana buruk, apa yg akan anda lakukan? jika jawaban anda adalah kembali ke rencana A, anda sangat memahami jalan pikiran mba nur.

perjalanan kembali ke kaliurang tampak seperti de ja vu. yup, sepertinya gw pernah ngelewatin percetakan KR di jalan solo sebelumnya di hari itu. sepertinya, gw juga pernah parkir di depan jamu godhog earlier that day. fiuh, what a de ja vu.

jamu godhog menyediakan berbagai macam jamu godhog, kering, instant dan yg racikan khusus. mau lemah syahwat, langsing singset, pegel linu, anti kanker, dan rrrr, apakah gw udah sebut lemah syahwat? pokoknya banyak macam jamu yg bisa ditemui daripada yg digendong sama mbok2 penjual jamu. yeah, i know that mbok2 jamu are so damn cute :D hanya mencoba jamu pegel linu. tapi paitnya kerasa di rongga mulut sampe ke tenggorokan. fiuh! gw heran ama aa' gim yg langsung tenggak tuh jamu tanpa meminum manisan dari gula jawa yg disediakan. mengagumkan!!

jadi, siapa yg mau minum jamu? silakan datang ke jalan kaliurang ke jamu godhog. jamu segar yg asli dari tumbuhan obat yg ditanam di pekarangan.

like mbok2 gendong penjual jamu would say: jamuuu, jamuuuuuuu!!


tips minum jamu:

kalo ga isa minum jamu pait, coba basahin dulu mulut n bibir dng manisan yg disediakan sebelum minum jamu pahit. setelah minum jamu, segera minum manisan agar mulut engga lama terkena zat pahit jamu.

Tuesday, March 14, 2006

travis - side

gw lagi seneng sama side-nya travis. liriknya kek tema sosial gitu :D yg bikin gw engga cepet bosen sama alternatif adalah liriknya yg engga cemen, bisa nyorotin berbagai masalah sosial dari cinta sampe orang kelaparan ato keenggak pedulian manusia sama sesamanya. yeah, banyak cara untuk menyalurkan emosi :D gw ngerasa lagu ini bisa nunjukin kekosongan manusia yg ga puas sama kehidupannya sendiri. yeah, sapa sih gw sok2an bikin review ttg band asal inggris ini? :D hehehehe, soalnya, yg gw review di sini selalu lagu yg punya arti buat gw. jadi sangat personal :D


Well I believe there's someone watching over you
They're watching every single thing you say
And when you die
They'll set you down and take you through
You'll realise one day


That the grass is always greener on the other side
The neighbour's got a new car that you wanna drive
And when time is running out you wanna stay alive


We all live under the same sky
We all will live, we all will die
There is no wrong, there is no right
The circle only has one side


We all try hard to live our lives in harmony
For fear of falling swiftly overboard
But life is both a major and minor key
Just open up the chord


But the grass is always greener on the other side
The neighbour's got a new car that you wanna drive
And when time is running out you wanna stay alive


We all live under the same sky
We all will live, we all will die
There is no wrong, there is no right
The circle only has one side

Monday, March 13, 2006

semarang kemaren

perjalanan ke semarang kemaren patutnya gw lalui dng perasaan senang. yeah, dua bulan ini gw jarang balik. pasti ada ini dan itu yg bikin gw urung ke semarang. tapi perjalanan kemaren ga semulus yg gw kira.

dimulai dengan panasnya jogja jumat siang. wew, prasaan males ga cabut juga walopun gw udah punya niatan mau beli UPS buat kompie di kos. yep, UPS 1200 VA Prolink seharga Rp 735.000. mahal memang, tetapi kompie gw keknya udah ga kuat lagi nahan listrik yg tiba2 mati n idup secara ajaib. tanda2 yg lebih miris adalah peringatan di layar kompie: DISK FAILURE! mampus! daripada jebol, mending korban beberapa ratus ribu rupiah. toh tujuannya emang suatu saat tuh kompie bakal dilengkapi dng UPS. jadi, sekarang adalah saat yg tepat.

jumat itu gw cuma bikin 2 tabel. 2 tabel yg sebenernya gampang tetapi proses pengerjaannya cukup dibilang rumit. baik data maupun eksekusinya. yeah, sebenernya gw juga sih yg bikin ribet :P hehehe... mumpung jumat, mumpung bikin sedikit, knapa juga engga bikin ilustrasi yg rada "extraordinary"? untuk kepuasan pribadi. hasilnya, jam 10 malem baru di print plotter T_T molor deadline, tapi ya sudahlah, molornya juga engga nunggu tabel kok. hehehehe...

sebenernya, memasang UPS ga bakal jadi serumit itu KALAU manual yg disertakan di dalam bungkus disertai dng penjelasan yg rinci n gambar yg jelas. ga ada 2 hal tersebut di dalam manual UPS prolink!! sempet bingung krn stress n panas yg luar biasa. tapi setelah ngadem di kamar mandi n membaca manual pelan2 (dalam bahasa inggris teknis) serta mengira2 mana ujung kabel dan mana ujung port yg benar, gw akhirnya tau bagaimana cara memasang UPS itu. ternyata, UPS itu harus di-charge selama 12 jam. halo, ada yg ingat gw mau ke semarang pagi harinya? maka, setelah 3 jam ruwet dng UPS, jam 3 pagi gw tidur. mengisi tenaga untuk ke semarang. walopun akhirnya gw bangun 1 jam kesiangan dari waktu yg gw rencanain. but whattahell, masih ada bus jam 6.30 dng risiko jalanan lebih padat.

bus datang jam 6.30. terlambat 15 menit dari jadwal. tetapi ini kesempatan gw buat ngadem, beli koran buat oleh2 bapak sama liat2 kerjaan tadi malem. kalo kalian pikir gw bikin tabel mati2an agar bisa diliat bapak esok harinya, kalian ada benernya :P semacam pembuktian bahwa: "kiye, pak. anak lanang uwis kerja dadi tukang gambar ning koran :P" kursi no 10 sudah ada yg nempatin, makanya gw pilih kursi 14. selalu milih kursi tengah biar gw ga terlalu mabuk sama gaya sentrifugal n sentripetal yg ditimbulkan bus selama perjalanan. tapi hari itu mungkin hari naas gw. ga cuma jarak jogja semarang (yang biasanya ditempuh 2,5-3 jam) kemaren bus bisa mencapai waktu tempuh 2 jam saja! gw ga tau gimana itu bisa terjadi, krn sebagian besar gw tidur di bus n bagian dimana gw rada sadar, gw berperang ngelawan rasa mual. ga tau ini akibat dari sugesti n bau orang muntah di kursi belakang ato parfum super wangi embak di sebelah gw. yg gw tau, mulut gw kerasa kecut n perut meronta2 pas bus baru saja mencapai sukun.


selama 20 menitan gw berjemur di pinggir jalan. cuma duduk n bales sms. panas matahari n nyantai sejenak menurut pengalaman gw isa bikin gw agak mendingan dari mabuk darat. walopun agak mendingan, mual itu ga ilang juga dari badan gw sewaktu gw pindah bus damri buat turun ke kalisari. gw pikir gw ga bakal selamat sampe ke kalisari n nerusin perjalanan pake angkot ke sampangan n terus jalan sekitar 10 menit tanpa muka pucet ato muntah di pinggir jalan. solusinya, berhenti di daerah kagok n minta jemput oki. risikonya, oki ada di tembalang ga isa jemput gw. rencana B adalah jalan sampe mendingan ato ngadem di bawah pohon. rencana C adalah ikut angkot kuning ke sampangan. untungnya rencana A berjalan dng baik. oki ada di rumah n ngejemput setelah gw teler di bawah pohon selama 15 menit. thank god (it's THANK GOD—not THANKS GOD, right?) :D

siksaan kembali dateng ketika gw ga isa ngelanjutin tidur di rumah. wew, untuk manusia kalong macem gw, melek jam 10 pagi adalah siksaan terberat. padahal gw udah janji mo nemenin mama belanja ke johar. akhirnya gw nemenin mama dng mata pedes tapi hati riang karena mo ke pasar. pasar johar ternyata punya daya tarik tersendiri kalo kita mau bener2 buka mata. pernah liat orang bawa kardus mie 10 biji sekaligus? ato gimana caranya bikin payung bambu? ato betapa meriahnya bau bawang putih, bawang merah n cabe jadi satu? betapa memilih tempat beli ternyata bisa menghemat duid belanja? bagaimana cara membedakan kunyit, laos, temulawak, jahe dari akar rumput2an lainnya? wew, mengagumkan! ah, keriuhan pasar tetep kurang kalo blom denger orang histeris kecopetan :D benar2 indonesia. gw suka sekali :D

makan malem mungkin agak spesial krn gw sengaja beli ayam goreng mbok berek. hehehehe, ayam goreng ini punya arti khusus di keluarga soediarto. karena keluarga kami yg berkecukupan (maksudnya kalo dibilang kurang sih enggak, kalo dibilang kaya itu berlebihan T_T), makan ayam goreng mbok berek cukup sekali setahun menjelang keberangkatan ke purwokerto untuk mudik. hehehehe, spesial kan? jadi, kemaren itu seperti dejavu ke masa lalu pas gw ama oki masih umbelen. yg harus dibujuk ayam goreng mbok berek agar mau ikut ke purwokerto walopun harus diracun antimo agar engga muntah di travel. spesial sekali :D

gobloknya gw engga bawa charger dari jogja ato pinjem charger oki yg sama2 pake sonnyericsson. batere terang aja langsung abis setelah dipake telpon hampir 1 jam ke zona tetangga. akhirnya pun kering tandas pas di kaliwiru nunggu bus nusantara jam 10.30. kesialan terbesar dateng pas bus udah nyampe di banyumanik. kunci motor n kunci kamar gw ktinggalan di meja belajarnya bapak. tolol kan? sebagai orang yg sok cool, gw nerusin tidur aja sampe ke jombor. walopun sesampenya di jombor gw kudu rela nitipin motor sehari lagi n jalan ke perempatan ringroad buat nunggu kopata. ada beberapa rencana buat ngirim kunci ke gw. rencana A: kirim lewat TIKI; kunci paling cepat ada di tangan gw hari selasa T_T. rencana B: kirim lewat travel; blom pernah melakukan n meragukan keberhasilannya. rencana C: bapak ato oki mau ke jogja buat nyerahin kunci; whatta!?? repot sekali. rencana D baru dapet sehabis ngobrol ama sugi. rencana D: dikirim lewat ekspedisi ke kantor jogja :D dan berhasil! jam 4 pagi tadi, seiring datengnya koran, kunci2 itu berhasil kembali ke tangan gw :P ditambah barang rahasia kiriman mama. hehehehe...

kalo kalian kira penderitaan gw berhenti sampai di situ, kalian salah besar. masih ingatkah dng motor gw yg ada di jombor!? wakakaka, nunggu terang nih. mau ke jombor jam 6-an buat ambil motor. semoga saja engga bocor ban ato habis bensin tengah jalan biar gw isa tidur menyambut hari kerja baru :D

hehehehe, life is full with ups n downs. kita hadapi dng tabah. terimakasih.

Friday, March 10, 2006

dari pinggir braga

yang menarik hanya gedung
di pelupuk bulan berkabung
dulu mungkin berdiri angkuh
tapi kini mulai terlihat rapuh

kini di tengah gaduh
hanya bisu yang bisa terengkuh

bentuk lampu ingatkan pada lampu tua kotaku
garis tegas di kapnya seperti tulang pipi kekasihku
mobil gerakkan bayang tiang
sosok kekasihku pun terpahat di terakota

berdiri di perempatan
mereka masa silam tempat kesenangan pernah teranyam
sayang, waktu berjalan cepat
lenyapkan kejayaan hanya dalam abad
di ujung braga pun kini senyap

ya, kekasihku
kamu buat aku berpuisi lagi
kota tak lagi mati
lampu, jalan, gedung, kantor kembali berarti
sekarang aku mau tidur
semoga kita bertemu dalam mimpiku nanti

Wednesday, March 08, 2006

lima mimpi

jah, ketiban sampur dari mba wati :P kudu nulisin 5 mimpi gw. gw apa punya mimpi yg beneran yak? kecuali punya robo gundam yg banyak, bisa baca kumik terus tiap bulan, ketemu ama dek emma watson ato jeng aya ueto (ini saatnya anda semua bilang: "HALAAAAAAAAH!!")

ok ok , kembali ke kenyataan, jadi 5 mimpi gw adalah (sepertinya kedengeran ironis :D):

1. bisa bikin bapak-ibu seneng
dikira gampang apa? ga nelpon seminggu aja udah dikirain lupa sama mereka T_T pengennya sih sampe isa naekin haji, ato paling engga bikin mereka engga was-was sama yg namanya banjir. yg paling sedih adalah pas bapak kudu operasi hernia. pengen isa ada di sisi beliau kalo perlu apa2. apa bener gw udah isa nyenengin mereka bedua?

2. punya rumah di desa
kluar masuk plosok desa di jogja bikin gw mikir lagi ttg idup di kota besar. lingkungan bersih, alam yg masih perawan, semuanya terlihat simple, dan tentu saja orang2 yg ramah :P

3. pengen kerja buat diri sendiri
sapa yg ga pengen bangun tidur terus bisa ngelakuin apa yg dia mau. ato kerja ga ditentuin sama jam kantor. punya rumah di desa, punya situs yg hits-nya per hari sampe puluhan ribu buat pesen cinderamata ato barang2 buat interior rumah/gedung, tentu saja dng pabrik n pemasaran yg mengagumkan :P huehuehue... beneran ngimpi nih :P

4. mengenang jalur sutera
gw pengen jalan sepanjang jalur sutera. dari jepang kalo mungkin :P china, india, iran, iraq, jazirah arab terus sampe ke mesir. huhuehuehue... pake unta ato apa kek, yg penting jalan, dokumentasi pake video ato kamera. merekam sisa2 jalur sutera kuno. menghidupkan kembali cerita2 yg hanya terdengar ketika orang2 berkumpul di sekeliling api unggun.

5. terbitin komik
komik gw blom terbit nih. sumpe loh! dari jaman akhir kuliah sampe sekarang bikin cerita kok ya ga isa bener. makanya ga pernah isa terbit T_T pengen punya komik sendiri walopun cuma sejudul. gw bingkai dah di rumah. pengen kek felix, regina, n gunawan yg udah punya komik lebih dari 2 seri. yup2, perbedaan antara kita tipis sekali, niat dan kemauan. rrrrr... itu dua hal yg dalem keknya, ga isa dibilang tipis T_T

jadi sodara2, yg bisa kita ambil dari postingan ini adalah gw selalu bermimpi. apakah itu mengubah apa yg udah gw dapet sampe hari ini?

dunno :(

wew, anggep aja ini time capsule yg bakal kita buka 10 ato 25 tahun ke depan. berapa biji dari mimpi gw itu yg terwujud. well, 2 aja udah bagus :D (AAAA, gambar jari telunjuk mengacung n mata ga usah dimasukin, dodol!! bikin serem aja)

pada buntutnya, gw nunjuk botak, yuuchan, meymey, badut buat nerusin blog berantai ini untuk nulisin 5 mimpi mereka. huahahaha... rasakan mimpi buruk ini :)) wuakakakaka!!