Friday, March 17, 2006

sapa mau minum jamu?

sebenernya ini bisa jadi seperti hari liputan wisata yg normal. tapi enggak, sepertinya gw kudu muter2 setengah jogja dulu baru bisa bekerja.

begitulah, bukan hari yg spesial. jam 8.30 pagi gw bangun krn udah janjian sama mba nur buat jalan wisata. mengingat kemaren sudah ditunda, gw kudu cepet2 ke kantor krn ga pengen ditunda lagi gara2 telat ato molor. well, penundaan lain malah bakal bikin gw sendiri yg kelabakan.

setelah ngeganjel perut dng indomie, rombongan berangkat ke jamu godhog di kaliurang. sekitar 21 km dari kota jogja. perjalanan yg bisa ditempuh dng 30 menit berkendaraan pake mobil. yg mengejutkan adalah reaksi mba nur yg menganggap tempat itu tidak cocok untuk diangkat sebagai wisata. well, she's the boss, 'aight?

akhirnya, dia memutuskan untuk menilik canti gampingan di piyungan, bantul. yeah, 45 minutes ride from kaliurang. tapi yg paling memakan waktu adalah ketidak tahuan posisi pasti dari candi oleh kami bertiga. begitu sampai di lokasi, candi gampingan tak lebih dari onggokan batu gunung terpahat yg masih terserak dng genangan air hujan semalam. lebih enggak cocok dijadikan tempat wisata dari jamu godhog.

saatnya memakai rencana C. ke candi sewu n plaosan di prambanan. sekitar 20 menit perjalanan dari gampingan. perjalanan yg menyenangkan krn melewati candi boko dan papan petunjuk ke arca gupala n candi ijo (harap diingat2). setelah melanggar lampu merah dan berusaha untuk tidak berbelok ke jalan yg salah, sampai juga ke candi plaosan. sebelum sampai, gw sempet liat sekilas ke gedung yg tampaknya kantor pemerintahan. di papan nama tertulis "kantor dinas purbakala provinsi jawa tengah". bagi yg belum ketawa, gw kasih tau. bahwa ada perjanjian antara biro jawa tengah dan biro yogyakarta yg mengatur tata cara peliputan. liputan antar wilayah tanpa pemberitahuan akan menimbulkan masalah di kelak kemudian hari. risiko yg ga mau diambil mba nur. rencana D pun digagas.

candi ijo dan arca gupala (kalian masih ingat tempat ini?). benar, kami melewati papan petunjuk jalan dalam perjalanan ke plaosan. yup, papan petunjuk jalan. krn cuma aa' gim yg pernah ke tempat itu. dalam perjalanan yg tinggal beberapa km dari candi ijo, mba nur berpikir ulang. gw pikir ada hubungannya dng "dari jalan, kita harus berjalan lumayan jauh ke candi".

mari kembali ke papan rencana. jika anda sudah memakai rencana A, rencana B, rencana C dan rencana D merupakan rencana buruk, apa yg akan anda lakukan? jika jawaban anda adalah kembali ke rencana A, anda sangat memahami jalan pikiran mba nur.

perjalanan kembali ke kaliurang tampak seperti de ja vu. yup, sepertinya gw pernah ngelewatin percetakan KR di jalan solo sebelumnya di hari itu. sepertinya, gw juga pernah parkir di depan jamu godhog earlier that day. fiuh, what a de ja vu.

jamu godhog menyediakan berbagai macam jamu godhog, kering, instant dan yg racikan khusus. mau lemah syahwat, langsing singset, pegel linu, anti kanker, dan rrrr, apakah gw udah sebut lemah syahwat? pokoknya banyak macam jamu yg bisa ditemui daripada yg digendong sama mbok2 penjual jamu. yeah, i know that mbok2 jamu are so damn cute :D hanya mencoba jamu pegel linu. tapi paitnya kerasa di rongga mulut sampe ke tenggorokan. fiuh! gw heran ama aa' gim yg langsung tenggak tuh jamu tanpa meminum manisan dari gula jawa yg disediakan. mengagumkan!!

jadi, siapa yg mau minum jamu? silakan datang ke jalan kaliurang ke jamu godhog. jamu segar yg asli dari tumbuhan obat yg ditanam di pekarangan.

like mbok2 gendong penjual jamu would say: jamuuu, jamuuuuuuu!!


tips minum jamu:

kalo ga isa minum jamu pait, coba basahin dulu mulut n bibir dng manisan yg disediakan sebelum minum jamu pahit. setelah minum jamu, segera minum manisan agar mulut engga lama terkena zat pahit jamu.

2 comments:

Rangga said...

loh liputannya?? koq jadi meliput masalah jamu? huehe

saya mau "jamu orang sukses" ada ga ya??

matahari said...

ada juga jamu anti miskin wuakakakaka :D