Monday, March 13, 2006

semarang kemaren

perjalanan ke semarang kemaren patutnya gw lalui dng perasaan senang. yeah, dua bulan ini gw jarang balik. pasti ada ini dan itu yg bikin gw urung ke semarang. tapi perjalanan kemaren ga semulus yg gw kira.

dimulai dengan panasnya jogja jumat siang. wew, prasaan males ga cabut juga walopun gw udah punya niatan mau beli UPS buat kompie di kos. yep, UPS 1200 VA Prolink seharga Rp 735.000. mahal memang, tetapi kompie gw keknya udah ga kuat lagi nahan listrik yg tiba2 mati n idup secara ajaib. tanda2 yg lebih miris adalah peringatan di layar kompie: DISK FAILURE! mampus! daripada jebol, mending korban beberapa ratus ribu rupiah. toh tujuannya emang suatu saat tuh kompie bakal dilengkapi dng UPS. jadi, sekarang adalah saat yg tepat.

jumat itu gw cuma bikin 2 tabel. 2 tabel yg sebenernya gampang tetapi proses pengerjaannya cukup dibilang rumit. baik data maupun eksekusinya. yeah, sebenernya gw juga sih yg bikin ribet :P hehehe... mumpung jumat, mumpung bikin sedikit, knapa juga engga bikin ilustrasi yg rada "extraordinary"? untuk kepuasan pribadi. hasilnya, jam 10 malem baru di print plotter T_T molor deadline, tapi ya sudahlah, molornya juga engga nunggu tabel kok. hehehehe...

sebenernya, memasang UPS ga bakal jadi serumit itu KALAU manual yg disertakan di dalam bungkus disertai dng penjelasan yg rinci n gambar yg jelas. ga ada 2 hal tersebut di dalam manual UPS prolink!! sempet bingung krn stress n panas yg luar biasa. tapi setelah ngadem di kamar mandi n membaca manual pelan2 (dalam bahasa inggris teknis) serta mengira2 mana ujung kabel dan mana ujung port yg benar, gw akhirnya tau bagaimana cara memasang UPS itu. ternyata, UPS itu harus di-charge selama 12 jam. halo, ada yg ingat gw mau ke semarang pagi harinya? maka, setelah 3 jam ruwet dng UPS, jam 3 pagi gw tidur. mengisi tenaga untuk ke semarang. walopun akhirnya gw bangun 1 jam kesiangan dari waktu yg gw rencanain. but whattahell, masih ada bus jam 6.30 dng risiko jalanan lebih padat.

bus datang jam 6.30. terlambat 15 menit dari jadwal. tetapi ini kesempatan gw buat ngadem, beli koran buat oleh2 bapak sama liat2 kerjaan tadi malem. kalo kalian pikir gw bikin tabel mati2an agar bisa diliat bapak esok harinya, kalian ada benernya :P semacam pembuktian bahwa: "kiye, pak. anak lanang uwis kerja dadi tukang gambar ning koran :P" kursi no 10 sudah ada yg nempatin, makanya gw pilih kursi 14. selalu milih kursi tengah biar gw ga terlalu mabuk sama gaya sentrifugal n sentripetal yg ditimbulkan bus selama perjalanan. tapi hari itu mungkin hari naas gw. ga cuma jarak jogja semarang (yang biasanya ditempuh 2,5-3 jam) kemaren bus bisa mencapai waktu tempuh 2 jam saja! gw ga tau gimana itu bisa terjadi, krn sebagian besar gw tidur di bus n bagian dimana gw rada sadar, gw berperang ngelawan rasa mual. ga tau ini akibat dari sugesti n bau orang muntah di kursi belakang ato parfum super wangi embak di sebelah gw. yg gw tau, mulut gw kerasa kecut n perut meronta2 pas bus baru saja mencapai sukun.


selama 20 menitan gw berjemur di pinggir jalan. cuma duduk n bales sms. panas matahari n nyantai sejenak menurut pengalaman gw isa bikin gw agak mendingan dari mabuk darat. walopun agak mendingan, mual itu ga ilang juga dari badan gw sewaktu gw pindah bus damri buat turun ke kalisari. gw pikir gw ga bakal selamat sampe ke kalisari n nerusin perjalanan pake angkot ke sampangan n terus jalan sekitar 10 menit tanpa muka pucet ato muntah di pinggir jalan. solusinya, berhenti di daerah kagok n minta jemput oki. risikonya, oki ada di tembalang ga isa jemput gw. rencana B adalah jalan sampe mendingan ato ngadem di bawah pohon. rencana C adalah ikut angkot kuning ke sampangan. untungnya rencana A berjalan dng baik. oki ada di rumah n ngejemput setelah gw teler di bawah pohon selama 15 menit. thank god (it's THANK GOD—not THANKS GOD, right?) :D

siksaan kembali dateng ketika gw ga isa ngelanjutin tidur di rumah. wew, untuk manusia kalong macem gw, melek jam 10 pagi adalah siksaan terberat. padahal gw udah janji mo nemenin mama belanja ke johar. akhirnya gw nemenin mama dng mata pedes tapi hati riang karena mo ke pasar. pasar johar ternyata punya daya tarik tersendiri kalo kita mau bener2 buka mata. pernah liat orang bawa kardus mie 10 biji sekaligus? ato gimana caranya bikin payung bambu? ato betapa meriahnya bau bawang putih, bawang merah n cabe jadi satu? betapa memilih tempat beli ternyata bisa menghemat duid belanja? bagaimana cara membedakan kunyit, laos, temulawak, jahe dari akar rumput2an lainnya? wew, mengagumkan! ah, keriuhan pasar tetep kurang kalo blom denger orang histeris kecopetan :D benar2 indonesia. gw suka sekali :D

makan malem mungkin agak spesial krn gw sengaja beli ayam goreng mbok berek. hehehehe, ayam goreng ini punya arti khusus di keluarga soediarto. karena keluarga kami yg berkecukupan (maksudnya kalo dibilang kurang sih enggak, kalo dibilang kaya itu berlebihan T_T), makan ayam goreng mbok berek cukup sekali setahun menjelang keberangkatan ke purwokerto untuk mudik. hehehehe, spesial kan? jadi, kemaren itu seperti dejavu ke masa lalu pas gw ama oki masih umbelen. yg harus dibujuk ayam goreng mbok berek agar mau ikut ke purwokerto walopun harus diracun antimo agar engga muntah di travel. spesial sekali :D

gobloknya gw engga bawa charger dari jogja ato pinjem charger oki yg sama2 pake sonnyericsson. batere terang aja langsung abis setelah dipake telpon hampir 1 jam ke zona tetangga. akhirnya pun kering tandas pas di kaliwiru nunggu bus nusantara jam 10.30. kesialan terbesar dateng pas bus udah nyampe di banyumanik. kunci motor n kunci kamar gw ktinggalan di meja belajarnya bapak. tolol kan? sebagai orang yg sok cool, gw nerusin tidur aja sampe ke jombor. walopun sesampenya di jombor gw kudu rela nitipin motor sehari lagi n jalan ke perempatan ringroad buat nunggu kopata. ada beberapa rencana buat ngirim kunci ke gw. rencana A: kirim lewat TIKI; kunci paling cepat ada di tangan gw hari selasa T_T. rencana B: kirim lewat travel; blom pernah melakukan n meragukan keberhasilannya. rencana C: bapak ato oki mau ke jogja buat nyerahin kunci; whatta!?? repot sekali. rencana D baru dapet sehabis ngobrol ama sugi. rencana D: dikirim lewat ekspedisi ke kantor jogja :D dan berhasil! jam 4 pagi tadi, seiring datengnya koran, kunci2 itu berhasil kembali ke tangan gw :P ditambah barang rahasia kiriman mama. hehehehe...

kalo kalian kira penderitaan gw berhenti sampai di situ, kalian salah besar. masih ingatkah dng motor gw yg ada di jombor!? wakakaka, nunggu terang nih. mau ke jombor jam 6-an buat ambil motor. semoga saja engga bocor ban ato habis bensin tengah jalan biar gw isa tidur menyambut hari kerja baru :D

hehehehe, life is full with ups n downs. kita hadapi dng tabah. terimakasih.

2 comments:

susan said...

I like your optimism. Rarely people say things like: :D benar2 indonesia. gw suka sekali :D
Hohoho .. luv it

matahari said...

hai susan, salam kenal :D

mau gimana lagi? yg kek gitu gak ada di negara lain. hehehe