Tuesday, May 30, 2006

setelah gempa mengguncang

pasar imogiri hari ke dua
beralas ubin


keluarga pengungsi


mengobati kaki


yang terluka

si kecil yang sedang lara

"carghing cellphone"

penyelamat nyawa

tawa yang tersisa

Sunday, May 28, 2006

tau gak, mas?

ngantuk, mas?
tau gak? ga ada yg tidur nyenyak tadi malam
tau gak? enggak elu aja yg hampir mati ketimpa tembok
tau gak? enggak elu aja yg punya keluarga di jogja
TAI LOOOO!!!! NGAPAIN AJA LOOOO!??!? BANGSAAATTTTT!!

gempa jogja

isu tsunami

reruntuhan
mal kota jogja

amongrogo

sekitar tugu

retak

runtuh

jogja pagi hari

pagi masih dingin digelayuti embun. tapi alam seakan runtuh, "bumi gonjang-ganjing".

pagi itu dipenuhi dng teriakan panik ibu2 yg mencari anaknya, tangis anak kecil yg melihat orang berserabutan keluar dari rumah masing2. meski intensitas gempa sudah menurun, orang masih takut untuk masuk ke dalam rumah. apalagi beberapa kali terjadi gempa susulan yg kekuatannya lebih kecil. yg isa mereka lakukan adalah duduk2 di luar sambil bertukar pengalaman n saling meredakan panik yg tersisa.

yang lebih menakutkan lagi adalah komunikasi yg terputus. ga ada yg bisa mencari tau apa yg terjadi dng teman atau sanak famili yg lain. informasi yg berhasil didapat adalah gempa berasal dari selatan jogja. bukan dari merapi yg beberapa waktu ini heboh dng "wedhus gembel"-nya.

di kosku sendiri, hanya ada pecahan genteng yg jatuh dan tembok yg retak. anak2 yg tinggal di lantai 2 ga berani naik sebelum mereka yakin benar. tetapi saphir square yg memberi bayangan kepada kampung Demangan ternyata menderita kerusakan yg lebih parah. tembok2 retak, kaca pecah, fasade yg rompal dan kanopi ME roboh, rata dng tanah.

setelah mengguyur badan secukupnya, gw ke kantor. sepanjang jalan terlihat kepanikan orang2 yg duduk2 di pinggir jalan. setelah keluar ke jalan besar, ada serombongan massa berebutan jalan dng naik motor berlampu menyala dan mobil yg dikendarai dng serabutan. teriakan "air", "ngalor (ke utara)", "tsunami" dan asma tuhan serta bunyi bel bersahut2an. massa panik krn isu tsunami yg telah sampai ke daerah wirobrajan. (heck, itu lebih dari 35 km dari bibir pantai).

gw hanyut oleh aliran massa yg bergerak dari selatan ke utara jogja. munggur-gejayan-condong catur-sampai ke jalan kaliurang. dua jalur kendaraan itu dipenuhi oleh massa yg panik. di pinggir jalan ga kalah hebohnya. bayi yg digendong menangis, mbok2 tua berlari sebisanya sambil meratap, ada yg tabrakan, ada yang coba berjalan lebih cepat, ada yg pake sepeda, naik truk, dan mobil bak terbuka.

jogja chaos. entah sapa yg menghembuskan isu itu. tapi "pengungsi" telah memenuhi sampai ke jalan kaliurang kilometer 10.

smakin gw keliling jogja ke arah selatan, kondisinya semakin mengenaskan. rumah roboh rata dng tanah, korban yg blom dievakuasi, bbrp situs peninggalan sejarah runtuh, bahkan mall yg pongah itu kini meringis. patah, rubuh, rusak oleh ibu bumi yg menggeliat, merenggut 2.000-an jiwa.

kata abdi dalem ini pertanda
kata ahli ini adalah gerakan lempeng dasar laut
kata media ini bencana

kirimi kami doa, agar kuat menghadapi cobaan yg kuasa

Thursday, May 25, 2006

go go goggle!!

Tachiagare Tachiagare
Hiewa no shisha-tachi yo
Hashire Tobe Hashire Tobe
Ai no senshi-tachi yo
Ai suru kuni wo mamoru tame ni
Googuru Robo de hasshin da
"Goggle Go!"


hueahueahuaeahu, ingat ga? pas kita kecil rame2 nonton video. (keknya itu taun 80-an). balik sekolah blom makan terus ke rumah temen. lampu dimatiin, sandal diumpetin, tirai jendela ditutup. terus nyetel video. dari go shogun, babylon tower, goshima, lionman, megaloman, voltus v, gaban, sharivan n goggle v.

heahuehauhua, kalo inget jadi konyol gitu. ada grup2 kecil ttg sapa yg boleh nonton n enggak. biasanya yg boleh nonton adalah temen2 sepermainan yg dekat. yg ga dianggep deket bakal ditinggal nonton. biasanya sih abis itu bisa berantem :D :D betapa masa kecil yg bahagia :D

yg gw demen nonton ya dai sentai goggle v ato great squadron goggle v. soalnya keren :P pemuda2 bumi yg mencoba mempertahankan bumi dari ilmuwan jahat. red, black, blue, yellow n pink. gw suka red (Akama Ken'ichi) krn dia sosok pemimpin bagi goggle yg lain. tapi gw juga suka black (Kuroda Kanpei) krn black isa jadi oposisi. tipe2 pemberontak, huehauheu.

tapi yg bener2 bikin penasaran itu pink (Momozono Miki diperanin oleh Megumi Okawa). untuk ukuran cewe taun 80-an, pink termasuk cakep, bow! alisnya emang tebel sih, cuma pas jaman itu kan alis tipis blom dikategorikan sbg salah satu nilai plus kecantikan. haha, makanya, bikin artwork buat Megumi Okawa. sayangnya ga banyak yg tau kemana mbak Megumi setelah ngetop dng goggle. ada yg tau kabar mbak megumi? silakan kabari saya secepatnya :P

Goggle Red Goggle Black
Blue Yellow Pink
Hissatsuwaza da Ginga kiri chikara wo awase
Mezame yo Wakaki shishi-tachi yoAa Dai Sentai Goggle V

Tuesday, May 23, 2006

moony

gw ambil foto ini pas liburan purnama sidi kemaren. ah iya, pas jingga ke jogja yah? wew, so many things happened tapi gw ga sempet nulis :(

ps: maaf kalo nulisnya loncat2 ga runut. soalnya nunggu mood n seingetnya aja :P

Thursday, May 18, 2006

erupsi merapi dari tengah kota

awan panas itu membubung tinggi, lalu meluncur ke arah lereng. tebal dan berwarna abu-abu. teksturnya kasar seperti bulu domba lokal. penduduk lokal menyebutnya "wedhus gembel". walopun mbah marijan sudah mewanti2 agar sebutan gak pantas itu ga dialamatkan kepada merapi dan penghuninya.

peristiwa alam ini jarang terjadi di gunung api seaktif merapi sekalipun. walopun di lereng merapi keadaan pengungsian serba prihatin, orang2 di kota sekitarnya menjadi tertarik untuk melihat pemandangan menakjubkan itu. mungkin ada hubungannya dng blow up media secara besar2an. Kompas saja sejak status merapi dinaikkan menjadi "siaga" selalu memberikan laporan merapi di halaman 1. puncaknya hari selasa 16 Mei 2006 dng layout halaman 1 yg sangat provokatif :D

tempat2 yg memungkinkan melihat merapi dng jelas segera saja dipadati orang2. jembatan code, jalan kaliurang, kleringan mendadak macet. orang2 sedang menengok ke utara ke arah mbah merapi sedang batuk. ibu2 rumpi, anak kecil, mahasiswa berkamera, wartawan, pasangan muda-mudi, tukang andong, tukang becak, you name it!

yeah, cuma nemenin mba nur buat liat kerumunan orang di jembatan code. karena jaraknya cuma 2 menit pake motor dari kantor, gw langsung ngiprit ikutan :D maaf, tapi jam setengah 5 gw blom ada kerjaan. hehehe...

kalo orang2 kantor bilang, gw "ndelok uwong ndelok". ngeliatin orang liat :D

Wednesday, May 17, 2006

merapi beberapa waktu lalu

foto di depan pos pengamatan merapi di dusun turgo, sleman beberapa waktu lalu. pas nyempetin ke merapi seblom merapi erupsi. pake kata erupsi alih2 meletus, karena merapi itu bukan tipe gunung yg erupsinya berupa letusan.

jalan ke turgo abis jalan jauh sampe ke pantai cemplon sama BIM buat wisata. sampai atas muter2 sampai jalannya berubah jadi jalan setapak yg lumutan. keknya udah mulai masuk hutan merapi. sempet foto2 buat kenangan. hueheuehehue...

Sad Peter Pan

Apa yg terlihat dalam Mirror of Erised?
Aku ragu apakah akan berani melihat ke dalamnya

Semua fairy tales berakhir bahagia selamanya
Bahkan si ugly duckling berubah menjadi angsa anggun

Apa jadinya kalo dia ternyata hanya seekor pungguk yg tak bakal pernah punya leher pajang?
Apa jadinya jika Wendy gak menjahit bayangan Peter?
Bagaimana jika Beast adalah jester yang dikutuk?
Bagaimana jika Ibu Peri gak pernah datang mengubah labu menjadi kereta kencana?

Apakah bahagia harus dimulai dng kesempurnaan?

Dari siapakah dapat belajar tentang keberanian?
Dari sang singa yg menemani Dorothy ke Oz?
Mungkin ada baiknya menunduk dan belajar keberanian dari semut yg berani hidup dalam segala kelemahannya

Ya, seandainya saja ada sedikit keberanian
Ato cukup setetes veritaserum?

Saturday, May 06, 2006

this unconsciousness of the past

humph, mau berubah yg katanya gampang ko ternyata susah. harus bener2 relax n detach sama apa yg ngeberatin langkah kita.

kpala gw kek dikocok-kocok.

hari ini ada pelatihan di Melia Purosani. pelatihan mind management, how to manage your brain for success. sekilas sih kek pelatihan motivasi yg laen. tapi metode yg digunakan sama Krishnamukti adalah mengajak untuk menyadari adanya "unconcsiousness" alih2 untuk memotivasi emosi ato alam sadar kita.

itu berarti memrogram ulang pemikiran gw yg sudah terbentuk dari gw lahir.

cuma segampang menumpahkan emasi ke selembar kertas? ato mungkin aksi nyata meminta maaf? ato gw aja yg terlalu merasa?

sekarang kpala gw bener2 kekocok-kocok.

Friday, May 05, 2006

demi neng monroe

lagi iseng, bikin artwork dari sisa bahan kerjaan yg rejected. total waktu pengerjaan 1,5 jam. marilyn monroe emang cakep banget. jadi sumber fantasi alternatif hehehehe :D

Thursday, May 04, 2006

Kanjeng Rama, hari ini

Adzan bersahut-sahutan dari mushola ketika aku merebahkan tubuh di kamar. Dia pasti sudah bangun untuk bersiap ke masjid. Angkat telepon ini, Pak.

Hari ini dia berusia 68 tahun. Usia yg menurutnya sudah sangat tua. Bisa bertahan hidup selama ini membuatnya sangat bersyukur. Melihat dua orang anaknya bisa menamatkan sekolah yg dia tidak bisa capai. Mungkin berkat bantuan obat2an yg dia telan tiap 3 kali sehari. Pil penyambung hidup katanya. Pil-pil obat jantung koroner. Tapi menurutku, itu semua terjadi karena kuatnya tekad dan doa. Tekad untuk menjadi vegetarian dng menu tertentu agar tidak membiarkan darah dagingnya terpuruk seperti dirinya dulu ditinggal ayahnya.

Dia adalah ksatria berjubah putih bagiku.

Dia menolak mentah2 doaku agar dia panjang umur. Dia mengharapkanku untuk mendoakan agar dia pendek umur. Agar tidak bertambah lagi dosanya di dunia ini. Duh, Kanjeng Rama, aku hanya berani berdoa agar sisa umur yg diberikan Allah bisa memberikan berkah untukmu dan waktu yg tersisa itu bisa engkau manfaatkan untuk menjadi berkah buat orang lain.

Jogja, 4 Mei 2006

Kakiku basah menginjak embun lapangan Kaliadem. Satu2nya lampu penerangan di lapangan itu bersinar sangat terang. Tapi tak cukup untuk menerangi hutan di punggung gunung. Mataku mencari-cari sosok yg sebulan terakhir ini menjadi sorotan orang2 di penjuru pulau ini. Aku melindungi mata dari sinar halogen itu, dan tampaklah dia. Gelap, misterius, seperti Kumbakarna yang tertidur, menanti saat mempertahankan Alengka. Gunung Merapi.

Aku hanya ikut rombongan wartawan yg update keadaan merapi. Sudah hampir sebulan ini status merapi dinaikkan menjadi siaga. Menurut para ahli vulkanologi, letusan merapi hanya tinggal menunggu waktu saja. Memang tanda2nya bisa diperkirakan. Tapi sifat letusan merapi yang tiba2 bisa menimbulkan banyak korban. Karena itulah dari jauh2 hari orang2 lereng merapi diimbau untuk mengungsi. Merapi bisa meletus kapan saja.

Tiga pasang mata tak lepas melihat LCD kamera. Merapi di bawah bintang, tetap mengepulkan asap dan terselimuti kabut. Semuanya tampak biasa, sampai terlihat semburat warna merah di puncak merapi. Kami bukan vulkanolog, sangat gegabah kalo langsung mengatakan itu adalah lava pijar. Foto diulang beberapa kali, tapi warna itu tetap terlihat. Cukup untuk membuat kami lebih waspada esok hari.

sms-an pagi hari

Matahari: you just can’t have volcano eruption and a child next door in the same time. CAN YOU SHUT HIS MOUTH, HON? It’s 9.15 for Christ sake, and he is screaming to helicopter!!
Jingga: ?what did you say? Udah sampai jogja
lagi? Gimana merapi? Kamu seneng gak?
Matahari: ah, kamu kok ga ngerti sih? :( aku kan
butuh tidur, tapi anak kecil kamar belakang tereak-tereak. Yang namanya ikut liputan lapangan mah kudu enjoy. Foto yg diambil wawan kliatan ada merah-merah di puncak merapi
Jingga: oh, itu kupikir adegan dalam film. Volcano
eruption and the shouting child. : gak ya? Kamu harus tenangkan pikiranmu…
Matahari: ahahaha, kamu tuh kalo ngasih petuah mbok
ya yang riil. Apaan coba “kamu harus tenangkan pikiranmu”? :D aku sayang kamu dan semua pemikiran jeniusmu :kiss: muach!


Matahari: Dan sekarang mereka membuka “children day care
center” tepat di depan pintu kamarku. Lengkap dengan rumpian ibu-ibu dan ketukan-ketukan mobil-mobilan di pintu. :sigh: tenangkan pikiran…
Jingga: wakakaka!! Bahasamu itu loh! Tapi sepertinya mereka perlu sentuhan kasihmu. Bilang aja, dek maen ke sana aja ntar kakak kasih permen :p dan besok mereka datang lagi. Tenangkan pikiran…
Matahari: nah kan? Mau aku apain lagi kamu dan
pemikiran-pemikiran jeniusmu coba? Duet maut yang bikin aku kelepekan. Luv you XOXO

Wednesday, May 03, 2006

lipservice

lagi kesambet setan coret-moret. iseng bikin ilustrasi. gw keknya pernah cerita kalo gw paling sebel sama lipservice. basa-basi boleh aja, asal ga usah berlebihan ato sampe jilat2 pantat. menyebalkan. mandi gw udah bersih, jadi gw ga butuh jilatan di pantat lagi.

Tuesday, May 02, 2006

sepotong bait di tengah malam

mungkin aku harus salahkan malam kalau aku tidak bermimpi tentangmu
salahkan mendung juga kalau kamu tidak melihat jingga di ufuk barat senja tadi
seperti aku salahkan matahari yang datang terlalu cepat
hingga aku selalu melewatkan mahkota jingganya ketika terbit

Monday, May 01, 2006

ilustrasi badan pengawas

ilustrasi lain yg ga jadi dimuat. tentang badan pengawas pemilihan umum. terinspirasi sama lambang partai persahabatan fuh fuh fuh...