Sunday, July 30, 2006

300706

beberapa hari setelah bapak pulang dari rumah sakit. bapak kliatan agak mendingan. dari yg kliatan lemah lesu dan gak bertenaga, sekarang lebih kliatan seger. udah ga gitu ngeluh sakit di dada kalo kecapekan.

bapak masih disibukkan dng bacaan2nya yg segunung. blom sibuk sama kegiatan masjid ato kegiatan kampung. yg gw arepin buat ngejagain bapak ya mama. tapi mama kan punya kesibukan sendiri. mana bakal lebih berat ngurus rumah tambah ngurus bapak yg gw yakin ga bakal recover 100%. karena usia dan karena jantungnya. mana sekarang bapak udah mulai pikun, sok ngeyel n sok menang sendiri :P walopun masih di batas2 toleransi kebandelan. tapi tanda2 ketuaan itu mau gak mau udah gw temuin di bapak.

ada beberapa hal yg janggal sama bapak akhir2 ini. pas gw balik tahun baru kmaren, di depan rumah udah kepasang bohlam warna-warni. bapak bilang sih buat ngeramein tahun baru. wah, padahal gw juga ulangtahun pas tahun baru. trus stiker ragnarok online gw yg udah ketumpuk2 buku tau2 ketempel di kaca depan rumah. kata si dedek sih itu yg nempelin bapak. buat apa coba? kmaren pas gw mo cabut nonton, gw gak nemu sandal gw. pas gw tanya ke bapak, tau2 kaki bapak yg di bawah meja diselonjorin. ternyata bapak pake sandal gw dalam rumah. hape gw juga gw temuin gak jauh dari buku yg bapak baca.

kata beberapa orang sih, bapak kehilangan anak2nya. sehingga sebisa mungkin dia ngedeketin semua barang2 yg berbau anak2nya ke dia. wew, gw sih ga pengen lama2 jauh2 dari bapak ato mama. tapi kalo tiap minggu balik ke semarang, gw capek. ga ada waktu buat istirahat. walopun sepanjang perjalanan cuma tidur, tapi perjalanan jauh itu buat gw sangat menyiksa :( wew, buat bulan2 ini sih gw bakal sering bolak-balik ke semarang. nemenin bapak. paling enggak nguatin bapak buat ngejalanin 2 kali operasi lagi. gudluk buat operasi tanggal 8 agustus besok, pak.

Wednesday, July 26, 2006

vektor untuk mr soediarto

gw bikin buat kanjeng rama. mo gw cetak, kasih frame trus kasihin ke bapak biar jadi obat kangen. cepet sembuh ya, pak!

alhamdulillah

alhamdulillah, bapak udah jadi dioperasi kmaren. dari jadwal jam 11-an, blio akhirnya masuk jam setengah 2 siang. dari 1 jam operasi, dokter hanya butuh waktu 25 menit untuk memasang ring di jantung bapak, waktu sisanya buat segala persiapan dan melihat perkembangan kondisi bapak.

alhamdulilahnya lagi, bapak enggak harus masuk ke ICU untuk pemulihan, tapi langsung masuk ke kamar biasa. menurut dokter sih kondisi bapak bagus, sehingga ga perlu dirawat di ICU selama 24 jam. hanya di atas luka operasi bapak kudu ditaro sandbag buat nekan luka selama 8 jam.

sempet deg2an juga krn ga ada kabar dari semarang. mami ga ada telpon genggam, si oki wisuda. tapi alhamdulillah lagi semuanya isa lancar. tinggal nunggu tagihan operasi dari rumah sakit. mungkin kamis besok bapak isa balik ke rumah. operasi kedua bakal dijadwalkan tanggal 8 agustus nanti.

yeah, semoga lancar dan sadaya dipunparingi slamet. amiiiiiieeeeennn.

vektor untuk young mr haripahargio

pertamanya sih mbak wati cuma pengen bikin undangan ulang tahun sederhana buat nikki. tapi mumpung ada tantangan, gw nantang diri sendiri buat lompat ke wilayah "personal invitation dng tema tertentu" yg blon pernah gw bikin sebelomnya (jadi maaf kalo masih acakadut, masih cupu). makanya gw minta mba wati buat kirim foto2 nikki dng resolusi tinggi yg close up sama wawancara dikit ttg kesukaan nikki. kebetulan mbak wati ada di jogja buat program pertukaran penyelaras bahasa. proses pengorekan keterangan jadi gampang. apalagi pake acara makan pagi di santika :D hueahuehauhea, lumayan, gratis! undangannya sih udah selese, tinggal nunggu peta lokasi acara sama waktu n tempat acara. gw upload vektor wajahnya nikki dulu krn masih nunggu data2 selengkapnya :P

nikki, macih botakkah dikau?

Tuesday, July 25, 2006

jadi khawatir, nih...

hari ini bapak operasi pemasangan ring tahap pertama. kemaren udah mondok tapi jadwal operasinya hari ini. tapi gw gak isa ke semarang. krn pagi2 gw udah jalan ke bantul buat rubrik wisata. dari rencana ke pundong, akhirnya jalan ke krebet. ganti objek krn pundong masih porak-poranda, blom isa dikatakan bangkit. gak kek manding atopun krebet.

sebelom masuk ke krebet, gw ama bim makan di warung sate kambing. wedew, masaknya lama bgt. nunggu isa sampe 20 menitan sendiri buat 4 tusuk sate akhirnya nongol. satenya sendiri sih enak, gak rugi nunggu lama, tapi nasinya kek ketupat. lengket2 n gak pulen. kalo menilai satenya sih isa dapet bintang 3 kali :P tapi overall cuma 1,5 bintang aja :D :D

sampe di krebet akhirnya muter2 nyari sanggar n showroom buat tulisan wisata. yeah, beli oleh2 buat bapak, wayang klithik bentuk "semar" :D bapak suka wayang2an. dulu aja pernah beli wayang kulit "ramawijaya" pas dugderan di semarang. pas lagi motret2, ada sms dari dedekecil. bilang kalo bapak udah operasi, alhamdulillah lancar. sekarang lagi di ICU buat pemulihan pasca operasi. gak ngerti kapan isa balik ato kondisi bapak sekarang ini. hape si dedek dari tadi siang ga isa dihubungi :( jadi khawatir :( kalo ada rejeki mo ngasih mama hape aja. kalo apa2 paling enggak ada tujuan alternatif buat ditelpon :(

sampe sekarang juga lom isa ditelpon :( wew, jadi khawatir. semoga allah kasih keselamatan buat semua umatnya, semoga allah meringankan beban di pundak kaumnya yg tertindas, semoga allah meringankan semua penderitaan si sakit, semoga kita selalu ditunjukkan jalan yg lurus ke arah kebenaran.

cepat sembuh, pak. cepat isa mengaji dan menularkan petuah2 bijak.

ps: rahasia sate kambing yg enak, empuk, dan terasuki bumbu adalah di proses pengolahan daging. campurkan bumbu sate ke dalam air dan rendam sate beberapa saat sampe air+bumbu meresap ke dalam daging. setelah itu sate siap dibakar sampe matang. huehauheau, baru tau tadi di warung sate deket masjid raya bantul :D teknik lain adalah membungkus daging dng daun pepaya. terbalik dng tangan perempuan, getah daun pepaya dapat melunakkan daging yg keras :D :D

Thursday, July 20, 2006

berita bagus sore hari

belum genap sisa cahaya matahari hilang di balik cakrawala, sms dari adekecil datang.

"alhamdulillah, bapak udah balik ke rumah. besok senin balik ke rumah sakit. dioperasi lagi besok selasa. urutan ke-3 dari 4 orang yg dioperasi."

paling enggak bisa rada ayem karena udah ada kejelasan kapan operasinya. ketimbang terkatung2 di rumah sakit krn blom adanya kejelasan. ato alasan lama di rumah sakit itu untuk menstabilkan kondisi bapak? dunno, krn ga ada dokter yg bilang kek gitu secara resmi.

besok sebtu balik lagi ke semarang. tapi keknya gak isa nemenin operasinya bapak. gudluk, pak. cepet sembuh.

Wednesday, July 19, 2006

beloved mommy

selalu berada di garis belakang rumah tangga untuk mendidik anak, memelihara rumah, dan mengatur keuangan. tipikal wanita yg sederhana dan konservatif. bangun jam 3 buat nyetrika, masak, nyuci, nyapu, dll. paling sering minta gw buat ngebersihin lantai kalo gw abis bikin maket.

tapi yg paling penting, mama adalah tempat yg paling enak buat manja2an :D

kangen masakan mama: sambel terasi, ikan asin, teri kacang, rawon dan oseng-oseng. miss u mom :x

Tuesday, July 18, 2006

dear father

enam puluh delapan tahun dan sedang berjuang melawan penyempitan pembuluh nadi di tiga tempat pada bilik kiri jantungnya. tetapi bapak gak nunjukin penurunan semangat belajar. buku dilalap, koran diembat, tivi dilahap, pengajian disatronin, brosur dipelototin. selalu berpesan agar seimbang. dunia-akhirat, belajar-bermain, maupun pemasukan-pengeluaran. yeah, sepertinya enggak abis2 gw dapet pencerahan dari bapak.

semoga cepet sembuh, pak. nanti kita jalan2 ke banjarmasin, liat pasar terapung.

Sunday, July 16, 2006

capek

wew, hari ini capek nungguin orang. capek nunggu litbang, capek nunggu penyelaras bahasa, capek nungguin editor. yeah, capek. gw pengen cepet balik n tepar sampe besok :(

Wednesday, July 12, 2006

ada apa pesotto?

wew, tadi gw baru tau kalo bek juve yg baru2 ini pensiun, gianluca pesotto kecelakaan. kecelakaan yg aneh krn terjatuh dari lantai tiga gedung klub juventus di turin. dia mengalami patah tulang dan tidak sadarkan diri. kabar burung bilang dia lagi tertekan akibat pensiun, kelelahan dan punya masalah keluarga. jatuh dari lantai tiga dng rosari di tangan, apa dia berniat bunuh diri?

T_T


padahal pesotto ini orangnya kalem di lapangan, enggak cepet panasan n jarang bikin blunder. elegan di belakang dan sewaktu2 ngebantu penyerangan ke depan. gw ngefans sama bek blakang juve yg tangguh. pesotto, ferarra, zambrotta n birindelli. buffon sampe isa tidur siang di bawah gawang.

ada apa pesotto!?

(foto diambil dari www.worldfootballers.com)

Monday, July 10, 2006

inconvenient truth

gw buka www.smashingpumpkins.com n ada pemberitahuan: It's official, The Smashing Pumpkins are currently writing songs for their upcoming album, their first since 2000. No release date has yet been set, but the band plans to begin recording this summer.

setelah 6 tahun bubar karena mengaku kalah bertarung melawan the Britneys, tha Smashing Pumpkins akhirnya sepakat rujuk kembali. entah ada hubungannya dng populernya kembali rock ato generasi Britney yg sudah lelah n ngos2an menggoyang pinggul n pamer dada. mari kita silangkan jari.

worldcup: italia(1-5)-france(1-3)

Keajaiban, Keberuntungan, dan Kejutan Piala Dunia, Italia adalah Sang Juara!

Zidane, dari hero menjadi zero

sepertinya kejutan tidak berhenti tercipta di piala dunia 2006. tumbangnya tim setangguh Brasil, menikahnya Der Kaiser Beckenbauer, 3 gol dari pemain muda Bastian Schweinsteiger, terbukanya skandal suap liga Italia dan sekaligus kembalinya piala dunia ke tangan Italia setelah menunggu selama 24 tahun.

Italia yg diramalkan akan menyerang dari mulai peluit awal ternyata harus tertinggal satu angka di menit awal. bencana bagi tim Italia dimulai dari keputusan wasit yg melihat Materazzi melakukan pelanggaran terhadap Malouda di kotak penalti. hadiah bola di titik sebelas meter tidak disia2kan oleh Zidane.

perang terbuka pecah di lapangan tengah. bola seakan tidak pernah berhenti berpindah kaki. walopun tim Azurri mendominasi permainan, tetapi gol penyeimbang kedudukan baru tercipta di menit 19. Materazzi menanduk tendangan pojok Andrea Pirlo sehingga menebus kesalahannya dng merobek gawang Fabian Barthez.

gol balasan inilah yg membuat Italia semakin gencar membombardir pertahanan Perancis. hanya membuat Bathez sibuk, tetapi Tim Biru Langit tidak bisa menambah perbendaharaan gol sampai peluit babak pertama selesai ditiup wasit Horacio Elizondo.

di babak ke dua, tim Perancis justru mendominasi permaian. permainan cantik Zidane yg disusun rapi dari tengah membuat Henry bisa membahayakan gawang Buffon. sepertinya Totti yg baisa menahan laju Zidane tidak mempunyai peran yg berarti. bahkan masuknya De Rossi dan Iaquinta yg menggantikan Perotta dan Totti juga tidak banyak mengubah daya gedor Italia. Alou Diarra yg dimasukkan Raymond Domenech menggantikan Patrik Vieira juga tidak membuat banyak perubahan dalam serangan Perancis.

pada menit 62, Luca Toni sebenarnya memaksa Barthez untuk memungut bola dari dalam jaring tetapi asisten wasit mengangkat bendera. Toni dinyatakan offside krn menunggu umpan Pirlo di belakang garis pertahanan Thuram. berharap pada keajaiban yg diciptakan melawan Jerman di perpanjangan waktu, Del Piero dimasukkan Lippi untuk menggantikan Camoranesi di menit 86. waktu terus menuju menit ke 90 tetapi belum ada satu gol pun yg tercipta yg bisa menyudahi pertikaian dua tim biru ini di berlin.

tidak ada kejutan berarti di babak perpanjangan waktu selain masuknya Wiltord dan Trezeguet di kubu Les Bleus. Trezeguet diharapkan isa membuat keajaiban seperti pada Euro 2000. golden gol yg membawa kekalahan Timnas Italia.

Perancis tetap memegang kendali permainan. tetapi gerendel pertahanan Italia yg sulit ditembus membuat gawang Buffon sementara aman dari gempuran Zidane dan kawan2. bahkan Buffon membuktikan bahwa dia adalah kiper no 1 italia dng menepis tandukan kuat Zidane yg diumpan balik dari Sagnol.

mungkin hanya Tuhan, Zidane dan Materazzi yg tau apa yg sebenarnya terjadi di menit 110. ketika bola berada di kaki pemain italia yg mencoba membangun serangan, wasit Elizondo tiba2 menghentikan pertandingan. Buffon mendekati wasit dan mencoba menjelaskan apa yg terjadi. Materazzi tergeletak di lapangan mengerang kesakitan dan para asisten wasit tidak tau apa yg terjadi.

pada pertandingan seakbar piala dunia ini, banyak digunakan untuk merekam jalannya pertandingan. untuk merekan diving pemain depan atau cuma merekam ulah pemain ke-12 yg menarik. keputusan di lapangan juga bukan mutlak dari wasit kepala sendiri. tetapi official juga mempunyai andil untuk mengajukan rujukan ttg apa yg terjadi di lapangan jika wasit dan asisten wasit tidak tau apa yg terjadi.

berawal dari kemelut di depan gawang Buffon, Materazzi dan Zidane terlihat membuat satu percakapan yg serius. tetapi setelah beberapa langkah di depan Materazzi, Zidane berbalik dan menanduk Materazzi tepat di dada. insiden yg cukup membuat wasit Elizondo mengacungkan kartu merah ke Zidane. Zinedine Zidane, kapten Perancis, inspirator serangan, icon sepak bola modern Perancis setelah era Platini, model pemain tengah ideal, calon pemain terbaik piala dunia 2006 harus meninggalkan lapangan hijau karena pelanggaran bukan karena perebutan bola.

pascakeluarnya Zidane, Italia menggila. tetapi inipun tidak cukup untuk menjebol gawang Barthez sampai babak kedua perpanjangan waktu berakhir. final piala dunia 2006 harus diselesaikan dng adu tendangan penalti. adu mental penendang dan keberuntungan kiper.

aroma magis pertandingan ini semakin bertambah kuat. masing2 kubu mencoba mengumpulkan keajaiban dan keberuntungan. tetapi malam ini sang kapten telah meninggalkan pasukan Perancis dan tidak ada lagi kecupan keberuntungan di kepala Barthez oleh Laurent Blanc.

andai saja keajaiban Euro 2000 terulang, akhir pertandingan ini akan berbeda. keberuntungan bisa habis, nasib baik isa berubah. pahlawan Perancis di Euro 2000, David Trezeguet, gagal merobek gawang Buffon. bola yg ditendangnya hanya mengenai portal gawang. unggul satu angka, algojo2 Italia tidak menyia2kan keadaaan. De Rossi, Del Piero dan Grosso tidak melakukan kesalahan dalam menjebol gawang Barthez. mengubah kedudukan menjadi 5-3 bagi Italia.

Barthez termangu di pojok gawang, Thuram termenung, Ribery menangis dan begitu juga ribuan pasang mata pendukung Perancis. Grosso menghambur ke pelukan Totti, Pirlo berteriak gembira, Gatusso mengepalkan tangan dan pendukung Italia bergemuruh menyambut kemenangan Italia.

hari ini setengah dunia menangis, dan setengahnya lagi mabuk akan kemenangan. hari ini celana Genarro Gatusso dilucuti sebagaimana tradisi pemenang liga seri A Italia. hari ini Andrea Pirlo kembali menjadi man of the match. hari ini seorang pahlawan harus mengakhiri kariernya di piala dunia dng mencoreng sportifitas. hari ini panitia menyimpan kembali satu medali runner up. hari ini Marcello Lippi bisa menghisap cerutu lagi di lapangan hijau. hari ini pula piala dunia kembali ke pelukan Italia.

italia emang kotor. italia emang aktor sejati. tapi malam ini bukan italia yg mendapat angka dari diving di kotak penalti. Gatusso memang kasar selayaknya preman. tapi malam ini bukan dia yg keluar lapangan dng kepala tertunduk akibat kartu merah krn pelanggaran. apapun bisa terjadi pada bola yang bulat. keajaiban, keberuntungan, dan kejutan isa saja terjadi. tentu saja disertai semangat, sikap sportif, dan kerja keras untuk mengubah mimpi menjadi kenyataan.

kita nantikan perjuangan mewujudkan impian 4 tahun lagi saat pesta digelar di Afrika Selatan.

Sunday, July 09, 2006

rocket

lirik dari the Smashing Pumpkins, album siamese dream. lagu keren dng videoklip yg menggugah. silakan menikmati...

Rocket

Bleed in your own light
Dream of your own life
I miss me
I miss everything I'll never be
And on, and on


I torch my soul to show
The world that I am pure
Deep inside my heart
No more lies


A crown of horns
An image formed deformed
The mark I've borne

A mark of scorn to you

Consume my love, devour my hate
Only powers my escape

The moon is out the, stars invite
I think i'll leave tonight

So soon I'll find myself alone
To relax and fade away
Do you know what's coming down
Do you know I couldn't stay free?

I shall be free
I shall be free
I shall be free
I shall be free
I shall be free free
Free of those voices inside me
I shall be free
I shall be free

saturdaydream

saturdaydream
meluangkan setiap sabtu untuk terbang bersama angan2. apakah akan sampai ke suatu tempat yg lebih baik? ato sekedar mencari kesibukan di sela libur dan kemalasan tiada tara?

Friday, July 07, 2006

selamat ulang tahun, pumpkinpie



suatu saat nanti aku akan memberi bunga ini sendiri padamu
kita berbagi manis kue cokelat dan hangat mentari sore
selamat ulang tahun suryasenja, gravitasiku

Thursday, July 06, 2006

anomali bidang kesehatan

ketika pemain lawan mengganjal jagoan: "woiii, ga ada bola maen ganjel aja!?"
ketika jagoan mengganjal lawan: "enggak dong, itu kan kena bola?"
ketika pemain lawan terjungkal: "waah! itu diving!!"
ketika jagoan terjungkal: "kartu dong, wasit! itu kena kaki!!"

sungguh mengagumkan, bahwa tingkat fanatisme terhadap satu tim isa mempengaruhi daya penglihatan seseorang.

worldcup: portugal(0)-france(1)

Perang biru di Berlin, Azzuri melawan Les Blues

Pertandingan mati2an. Zinedine Zidane di akhir karier melawan Christiano Ronaldo yang sedang merintis kejayaan. Duel seru di lapangan tengah didominasi oleh pemain2 berkaos marun. Tetapi Le Capitan Zizou masih tampak tajinya. Setiap sentuhannya seperti darah segar yg terpompa ke ujung tombak Perancis. Zidane memang tidak isa berlari sekencang Ronaldo. Tetapi gocekannya dan umpan silang dan terobosannya mampu membuat pertahanan Portugal terseok2. Dalam usianya yg ke-34, Zidane menunjukkan kematangannya sebagai pemain tengah dan inspirator serangan.

Barisan belakang Portugal seakan habis akal untuk menahan laju Henry dan barisan tengah Perancis. Puncaknya adalah usaha Ricardo Carvalho yg blunder melakukan foul terhadap Henry di kotak penalti. Wasit Jorge Larrionda dari Uruguay menunjuk titik putih sebagai hukuman atas pelanggaran itu. Para pendukung Portugis menahan nafas ketika Zidane melesakkan bola ke kanan gawang Ricardo. Satu kosong untuk Tim Ayam Jantan dan kerja ekstra bagi anak asuhan Luiz Felipe Scolari. Tidak hanya mereka harus menyamakan kedudukan, mereka harus isa menambah perbendaharaan gol serta menahan gempuran2 yg lebih ganas dari Les Blues.

Bola berada di kaki Luis Figo dan kawan2 lebih lama daripada Tim Perancis. Tapi penyelesaian yg buruk dan crossing2 yg kurang matang sering membuat Carvalho bekerja keras demi mengamankan pertahanan dari kecepatan serangan balik Perancis.

Pergantian2 pemain di babak kedua membuat pertandingan semakin keras. Tetapi malam ini, kartu kuning pertama keluar pada menit ke 80. permainan yang bersih serta sportifitas yg cantik dari dua tim ini untuk para penggila bola di seluruh dunia.

Scolari sepertinya sedang dijauhi Dewi Fortuna. Miguel yg diharapkan isa sebagai tambahan amunisi harus dipapah keluar karena kesalahan sendiri. Walaupun tampaknya berusaha menebus kebuntuan Portugal dng memasukkan banyak pemain depan, tetapi tampaknya Simao dan Postiga yang masuk di menit 68 dan 75 belum bisa memenuhi harapan Scolari.

Perancis juga tidak mengendurkan urat serangan. Domenech Raymond menurunkan Wiltord, Saha dan Govou untuk menambah perbendaharaan gol. Nasib sial dialami Louis Saha. Dari masuknya dia di menit 85, dia harus menerima kartu kuning di menit 87. Saha hanya bermain 5 menit terakhir pada pertandingan malam ini. Karena dia akan melewatkan malam final di bangku cadangan karena akumulasi kartu kuning.

Menghadapi Italia di final, Raymond harus bekerja ekstra keras. Tahun ini, Perancis hanya mencetak 8 gol dari 6 pertandingan dengan total nilai penyisihan 5 sedangkan Italia mencetak 11 gol dng total nilai 7 pada babak pertama. Perancis hanya berhasil menduduki Runner Up grup G adapun Italia bertengger di urutan teratas grup E. Lini depan Perancis memang tidak subur, tetapi Henry isa membuat gol dalam pertandingan2 penting. Tim Ayam Jantan juga berhasil mempertahankan kemenangan itu sampai peluit akhir. Jika Brasil saja isa ditahan untuk tidak membuat gol, maka mungkin juga Totti dan kawan2 akan membentur tembok di depan gawang Barthez.

Mampukah Henry sendirian menghadapi gerendel Italia? Apakah Luca Toni isa leluasa bergerak di area pertahanan Perancis? Permainan boleh memanas di dalam lapangan hijau, tetapi Berlin akan disatukan oleh lautan warna biru. Seruan perdamaian di tengah pergolakan dunia.

Wednesday, July 05, 2006

worldcup: jerman(0)-italia(2)

Second striker pembawa bencana, Andrea Pirlo membawa tangisan Jerman di Dortmund

Jerman dan Italia selama perang dunia kedua boleh menjadi sekutu. Tetapi malam ini, moncong Panzerzkampfwagen VI Tiger diarahkan ke negara Mussolini. Kecepatan permainan anak asuhan Kliensmann di lapangan tengah seperti sapuan blitzkrieg ke daratan Mesir. Tetapi Italia yang memiliki Camonaresi, Perotta, Totti dan Pirlo tetap bertahan dari gempuran demi gempuran Klose dan kawan-kawan. Duel seru yg membuat pertandingan tanpa gol sampai wasit meniup peluit panjang.

Hasil tanpa gol bukan dari hasil pertahanan mati2an Italia. Tetapi tangguhnya gerendel pertahanan Italia yg di motori Cannavaro membuat Klose, Ballack dan Podolski harus jatuh bangun hanya untuk mendekati garis pertahanan Italia. Kontras dng pertahanan Jerman. Lehmann harus mati2an menahan gempuran demi gempuran anak asuhan Marcello Lippi. Gianluigi Buffon adalah kiper yang tangguh, tetapi buat apa kiper yg tangguh kalo satu tim sudah punya bek yg solid?

Jerman seperti mendapat kekuatan baru pada babak kedua. Serangan2 Jerman tampak lebih hidup walopun Kliensmann baru memasukkan Schweinsteiger pada menit ke 73. Lahm yg menusuk dari sayap kiri menyuplai bola2 matang ke arah duet Podolski dan Klose. Tapi kaki2 Tim Panzer itu seperti tak bertuah. Tendangan Ballack yg memanfaatkan celah pertahanan Italia ke arah Buffon bahkan hanya melenceng jauh keluar gawang.

Pirlo dan Camonaresi menjadi momok bagi Lehmann dan kawan2 karena akselerasi dan tendangan2 dari luar kotak pinaltinya. Salah satu ciri khas permainan Itali adalah adanya second striker yg berdiri agak di belakang pertahanan yang siap ketika bola muntah ke belakang. Sepertinya hal ini kurang diantisipasi oleh Kliensmann. Sehingga Pirlo bisa bergerak bebas tanpa kawalan. Hanya pergerakan Camonaresi saja yg dikawal ketat oleh Cristoph Metzelder.

Pada awal perpanjangan waktu, Jerman dikejutkan oleh tendangan Gilardino yg mengggantikan Luca Toni di menit ke 74. tendangan Gilardino mengarah ke gawang sedangkan Lehmann hanya bisa melihat dng pasrah. Walaupun akhirnya bola itu menumbuk tiang gawang dan memantul kembali ke barisan bekalang jerman. Jerman bisa bernafas dng lega untuk sesaat. Permainan kedua kesebelasan tampak seimbang walopun mereka sama2 kelelahan. Penonton di FIFA World Cup Stadium, Dortmund
dan mungkin di seluruh dunia sudah mulai berharap pada tendangan penalti jika kedua tim sama2 buntu mencetak gol sampai paruh ke dua berakhir.

Di menit ke 118, saat kemelut di depan gawang, Jerman lengah. Tidak ada pemain yang menjaga second striker Andrea Pirlo yg berdiri tepat di tengah kotak pinalti. Bola diolah Pirlo untuk beberapa saat dan segera berpindah ke kaki Grosso yg dng jeli melihat celah di sisi kanan gawang Lehmann. Tembakan Grosso membuahkan gol bagi Tim Azurri. Gol yg masih diharapkan bisa dibalas oleh Tim Jerman dalam 2 menit terakhir. Tetapi harapan segera musnah karena Gilardino memberi umpan balik
ke Del Piero yg dengan cerdik mengelak kepungan Mertesacker dan kembali menceploskan gol ke gawang Lehmann.

Jerman menangis, teriakan fans Jerman "fahr'n wir nach Berlin" (kita pergi ke Berlin) seakan terbungkam dng kenyataan bahwa Jerman sudah ketinggalan 2 gol dalam waktu 2 menit terakhir. Kenyataan pahit Bangsa Arya yg harus bertekuk lutut di hadapan bekas sekutunya.


Malam ini gol boleh menjadi milik Grosso dan Del Piero, tapi bintang malam ini bersinar di atas Andrea Pirlo.

Monday, July 03, 2006

datang tak diundang, pergi dijual lagi

Orang2 di ruang litbang itu sepakat kalo minggu ini adalah minggu baik gw. Jingga liburan selama beberapa hari di jogja, ada kesempatan karier lagi jadi arsitek di perusahaan negara n ternyata sehabis cuti, gw dapet doorprize tivi dari syukuran ulang tahun perusahaan.

Tapi mereka gak ngerti, ngejawab soal itungan dng waktu yg mepet n mengira2 bentuk bayangan dalam tes kemampuan dasar sehabis bangun jam 10 n gak isa tidur lagi itu bukan hal yg menyenangkan. Sama sekali bukan hal yg menyenangkan. Apalagi tangan kanan dicap stempel macem telor asin. Alih2 di dalem bakal nemu wahana arung jeram, kora-kora ato rollercoaster, cuma ada tempat duduk n kpala pusing.

Mereka juga gak ngerti kalo ternyata tivi itu benda yg paling engga gw butuhin saat ini. Karena kamar gw sempit n listrik kosan sering naek turun. Itulah knapa gw beli UPS buat kompie gw. Kalo ada tivi apa ya enggak tambah anjlok tuh listrik? Lucunya lagi, lebar layar tivi itu lebih kecil dari layar monitor kompie gw yg 15”. Apa dijual aja ya? Kepaksanya sih kalo mo nonton tivi gw beli tivi card aja. Tapi sayang juga. Datang tak diundang, pergi dijual lagi.