Tuesday, September 05, 2006

a little ethics

pukul 13.00. matahari tepat di atas ubun2 para pengguna perempatan kentungan jogja. setiap orang fokus pada kepentingannya masing. tidak peduli dng bising suara mesin dan asap knalpot di salah satu perempatan tersibuk jogja.

gw memperlambat motor karena di depan gw, motor ama mobil udah brenti total krn lampu udah merah. gw semakin hati2 karena ada seorang laki2 dng menggunakan kruk (karena kaki kanannya sedikit kecil dari kaki kirinya dan hanya tampak menggantung di pangkal paha) muncul mencoba menyeberangi jalan kaliurang. ada motor di belakang gw yg berbelok ke kiri yg jalurnya dipotong oleh si laki2 berkruk tadi.

si pengendara motor tersebut membunyikan klakson.

yeah, gw rasa sekarang saat yg tepat untuk ngasih kuis "kenapa si idiot itu membunyikan klakson?"
a. agar laki2 itu cepat menyingkir dari jalan
b. agar laki2 tersebut mengalah untuk ngasih si pengendara motor jalan
c. agar si pengendara motor sampai tujuan dng cepat dan selamat
d. agar si laki2 lebih waspada krn ada motor yg mau lewat

prasaan dulu guru gw pernah bilang kalo di jalan, lebih baik kita dahulukan pejalan kaki. ato mungkin maksudnya adalah dahulukan pengguna jalan yg lebih enggak beruntung krn enggak isa naek motor ato mobil. pengguna jalan yg harus berdesak2an di dalem becak, berpanas2an jalan kaki, berkeringat krn ngontel sepeda ato berpindah2 dalam bus untuk kecempet lagi di bus yg laen. laki2 tersebut bahkan gak isa berdiri tegak dengan sempurna! apa lumrah dia harus berjalan bergegas krn diburu2 dng klakson ato raungan mesin?

sepertinya ga ada tempat lagi buat pejalan kaki untuk berjalan secara aman dan nyaman di jogja ini.

3 comments:

MysticalPigz said...

Kalo bicara soal etika emang sekarang udh ga ada lagi yg mikirn kecuali lo. heuahuaheuah

jawaban gw
d. agar si laki2 lebih waspada krn ada motor yg mau lewat

iya gw akuin kalo gw pernah jadi si pengendara motor.

matahari said...

aaaarrrgghhhhh, wong jalan aja susah minta ampun kok mau suruh ati2 ada motor.

pssst, emang udah ga ada yg mikirin etika di jalan lagi ya? cepet sembunyiin gw kalo gitu. gw jadi barang langka, kan?

MysticalPigz said...

o0o jd itu tujuanlo? *garuk2 pala