Sunday, September 17, 2006

mari ke jogjakarta

it all started with a lazy saturday ketika semua orang telah mencapai titik jemu di akhir minggu. gw bangun jam setengah sebelas siang, tapi tidur lagi krn badan gw capek bgt. tadi malem begadang sama erik n pilun ngobrol ngalor-ngidul gara2 si pilun udah resmi lulus. bener2 bangun jam setengah satu siang. itu juga krn ada pilun, yg ternyata udah muter2 di kaliurang cari hotel buat keluarganya untuk acara wisuda, dateng ngetok pintu. wew, bener2 hari yg malas buat ngapa2in. tapi janji adalah janji. gw janji nemenin pilun buat ke rumah dhoni dan gw juga janji mo ngajakin ajik buat jalan malemnya.

setelah beberapa lama gw ada di jogja, gw ada beberapa sentimen ke tempat2 nongkrong di jogja. terutama tempat yg menurut orang luar jogja itu keren! yeah, malam minggu ketika semua orang pengen hangout, gw males lah pergi ke tempat2 keren semacem alun2 kidul, ambarrukmo plasa, pakualaman apalagi ke malioboro. macet, crowded n pastinya gak asyik buat nongkrong. yeah, dng sok2 anti sosialnya, gw ngajakin ajik buat nongkrongin sate klathaknya mas bari di pasar wonokromo di jalan imogiri tepat di depan idung temen2 kantornya ajik.

"alun2 kidul, ambarrukmo plasa, pakualaman n malioboro adalah tempat2 yg paling kami hindari untuk malam ini". yep, songong bgt :P

udah beberapa kali gw ke sate klathaknya mas bari. gw tau tuh tempat dari seblom gempa dari si nit. kmaren waktu abis gempa, gw sama anak2 ke sana. tempat itu jadi menyedihkan banget. tapi sisi romantisnya masih keliatan. bagaimana elu isa nongkrongin tukang jualan makanan yg penerangannya remang2, di tengah pasar yg udah sepi n banyak material bangunan numpuk sama reruntuhan yg belom disingkirin. padahal tuh tempat bener2 tempat yg asyik buat nongkrong buat orang2 yg isa menikmati kesederhanaan n ke-ndeso-an.

bagaimana enggak? sajian utamanya aja cuma daging kambing yg dibakar tanpa menggunakan bumbu apa2 kecuali garam dan sedikit merica. teh disediakan di poci seng doreng putih ijo. suasananya remang2 n bangkunya terbuat dari bambu yg ketika digeser maju, enggak semua kursinya maju karena itu kursi udah enggak rigid. emang yg terpenting dari nongkrong adalah forumnya, dng siapa elu nongkrong. tapi tanpa ada suasana n tempat yg kondusif, forum yg asyik enggak bakal tambah syahdu :P

kalo bener2 mau nyari, ada beberapa tempat di jogja yg sebenernya enak buat nongkrong tapi orang2 gak pada tau krn blom ada sosialisasi yg bagus. yeah, gw tau krn bagian kerjaan gw emang ngejelajahin jogja sambil ngenalin sisi lain jogja ke orang2. sampe ada obsesi laen yg pengen gw lakuin. gw pengen ngasih tau ke orang2 kalo jogja engga cuma parangtritis, kaliurang, malioboro n keraton. hmmm, ini juga kalo beneran isa jalan n ngumpulin bahan :P

anda mau ke jogja? mari kita cari tempat alternatif yg less crowded, less price, tapi dng kualitas yg hampir sama yg gak ada di travel guide book anda. apa gunanya jauh2 ke jogja hanya untuk jalan di mall, makan franchise ayam goreng ato roti bakar yg sebagian keuntungannya buat ngegasak anak2 kecil n wanita muslim di timur tengah? kalo makan sate klathak, keuntungannya cuma buat mas bari, keluarga n asisten2nya. dijamin!

poster sate klathak yg nge-popart

sajian menu utama

12 comments:

kidi said...

hmmm...
nyam..nyam..
saya suka sate...

matahari said...

nyam nyam, saya jugak sukak sate :D

kidi said...

kalo begitu..
mari kita sama2..
nyate

matahari said...

mau makan sate di mana, pak? sate kambing pak amat sebelah kantor? apa kambing amat di jln tamrin? banyak amat sate amat ya?

kidi said...

mm...coba anda ke solo, sate buntel..

matahari said...

kata orang, ada yg namanya sate kere di solo. benarkah itu, pak? seperti apa kira2 bentuk dari sate kere?

sate buntel? itu daging kambing ya, pak?

kidi said...

jadi begini adikku...
sate kere adalah tempe gembus yg disate, karna tempe bukan daging jadi disebut kere...
sate buntel adalah daging kambing yg disate, karna
bentuknya jadi bulet karna dibuntel2 jadi disebut sate buntel..
adikku pernah nyoba thengkleng?
yaitu jeroan dan segala tetek bengek kambing, kalo adikku pernah liat indiana jones seri kedua, disitu ada perjamuan makan, disajikan sop tapi isinya mata, telinga, nah itulah thengkleng..
asik bukan..
begitu adikku..

MysticalPigz said...

itu keren posternya! heuahueha.. lo bikin?

matahari said...

@ibot: bukan, itu poster udah nempel di dinding pasar sebelum gw dateng pertama kali ke sono. paling yg bikin orang2 teater gandrik. makanya editor gw suka manggil sate madonna

@kidi: sepertinya anda menguasai tetek bengek persatean kambing dan turunannya. boleh juga sekali2 saya dibawa jalan2 di solo. muter2 cari sate kere, sate buntel dan serabi solo. ato mungkin berpikiran untuk membuka bisnis sate sendiri? mariiiii....

kidi said...

silakan

matahari said...

mariii...

kidi said...

terimakasih