Friday, October 27, 2006

misi malam ini: mudik!

lebaran tahun ini ada di ujung minggu. artinya, akan menjadi berkah kalo ada libur yg mepet2 senin ato selasa bagi karyawan2 yg gak dapet cuti bersama kek gw. isunya kantor bakal libur hari minggu kalo lebaran jatuh pada tanggal 23. tapi ketentuan terbit ato enggaknya ditentuin dari kapan pemerintah mutusin kapan 1 syawalnya. yaitu minggu malam. hueeee, gak ada gunalah kalopun pemerintah mutusin lebarannya senin, lha wong minggunya aja kita udah masuk kerja setengah hari :(( beda kalo dari jauh2 hari udah mutusin kalo enggak terbit hari senin, gw isa cabut hari sebtu ke semarang. jadi dng harap2 cemas gw masuk kerja sambil telpon2an rumah semarang biar tau kapan orang2 rumah mau lebaran. heeeeh, kerja diiringi takbiran :( karena kbanyakan orang jogja berlebaran hari senin 23 Oktober.

celakanya, bapak ibu mau lebaran hari senin krn bapak jadi takmir masjid muhammadiyah di belakang rumah. jadi abis kerja gw cepet2an cari info kapan bus pertama menuju semarang. gw telpon terminal jombor ga ada yg ngangkat. telpon joglo semar ga ada yg ngangkat pulak. masa baru jam 11 malem gak ada yg jaga kantor? akhirnya gw telpon terminal besar giwangan, alhamdulillah ada yg ngangkat (secaragiwangan terminal pusat di jogja :P ). ternyata jam 2 ada bus langsung dari jogja ke semarang.

tanpa babibu, gw ke giwangan. tapi ngecek ke jombor, kali2 ada yg udah ngetem. ternyata jombor hanya berselimutkan malam dan berhias suara jangkrik. gw buru2 cabut ke giwangan. tapi ada ide jenius, ke giwangan lewat ringroad. ga ada seperlima perjalanan gw udah nyerah. knapa gak dari tadi masuk ke kota aja? ringroad itu kan muterin kota???? jah, kehilangan banyak waktu buat muter2 enggak jelas nih. padahal waktu udah nunjukin jam setengah satu. jah, hanya beberapa jam menuju pemberangkatan bus pertama.

gw lewat kota menuju giwangan. alhamdulillah lalu lintasnya lancarrrrrrrrrr!! nyampe giwangan jam 1 gw langsung nitip motor n cepet2 ke tempat mangkalnya bus ke semarang. masih banyak waktu bus ngobrol sama pedagang2 di dalem terminal. hehehe, enak juga ternyata ngobrol lepas enggak terlalu mikir serius pake segala macem analisa. cuma bas bus bas bus ngabisin abab :P

mendekati jam 2, saat mesin bus sudah meraung2, gw naik ke bus maju lancar ( eM eL, jiakakaka =)) ). ternyata banyak juga yg numpang bus ke semarang. ada ibu2 dng anaknya, tentara yg terkantuk2, pasangan anak muda (yg kliatannya girang sekali), bapak2 yg merokok, anak muda gondrong dng muka serius (kliatannya anak pecinta alam) dan beberapa orang lagi. ternyata orang2 itu gak menuju semarang semuanya. karena ada yg turun di daerah jogja sendiri seperti di wirobrajan, tempel. mungkin bus itu adalah bus pertama yg menuju daerah utara jadi banyak orang tujuan sleman, muntilan, magelang dan secang yg turut serta.

bus merayap lambat smpai di secang. bahkan berhenti lebih kurang 20 menit di secang buat ngetem. heeeeeeh, gw gak yakin kalo bakal nyampe ke rumah tepat waktu buat solat ied bareng bapak ibu n oki. but wattaheck, masih ada solat ied esok hari. tapi gw salah, setelah meninggalkan secang, bus menambah kecepatannya (sangat cepat shg gw kira bus itu bakal rontok sampe beberapa bagian krn kondisi bus yg sedemikian memprihatinkan n kecepatan yg gila2an). wajar aja kalo busnya ngebut krn wilayah pringsurat sampai ke ambarawa adalah wilayah yg berhutan2 n perkebunan. jarang yg minta turun di situ apalagi naik bus dari situ. pas gw sadar dari tidur, bus masih di daerah hutan.

begitu kesadaran gw balik seluruhnya, bus udah masuk daerah ungaran. gw kudu siap2 krn gw gak mau tertidur n bablas sampe ke terminal terboyo lagi. begitu masuk terminal sukun di banyumanik gw bergegas turun. gw lirik hape, jamnya nunjukin jam 4.45 pagi. kurang 1 jam menuju solat ied. gw niat mau naik bus jurusan kariyadi yg pertama kali gw liat bagaimanapun bentuknya. tapi walopun dng celingukan2 berkali2 yg melelahkan, gw gak liat ada sebiji pun bus ato angkot ke arah sana.

terpaksa gw naik taksi nganggur yg lagi mejeng di pinggir jalan. hufff, lega udah di semarang dng transportasi yg menuju langsung ke rumah. di taksi gw telpon jingga yg pastinya lagi siap2 buat mudik ke jogja. dia naik kereta eksekutif jam 7 dari stasiun besar bandung. haha, lagi nyetrika dia :D pas mo nyampe perumahan, gw matiin hape n nunjukin pak sopir jalan ke rumah.

gw nyampe di rumah jam 5 teng. si oki masih molor, mama masih masak n bapak dng gegap gempita nyambut gw. gw cerita2 dikit ttg perjalanan yg luar biasa tadi. abis bangunin oki, aku bongkar2 tas. ada beras organik buat mami n tentunya baju koko yg gw bawa dari jogja. begitu antrian kamar mandi selesai, gw langsung nyebur ke bak (hiperbola). mandi ciblang-ciblung cepet2an. jam setengah enam, gw, bapak n oki cabut ke masjid. mama katanya mau solat ied besok tanggal 24 (tapi ternyata sebelum muazin mengumandangkan niat solat, mama dateng ke lapangan ikutan solat).

banyak juga yg lebaran hari senin. lapangan masjid sampe penuh. gw udah ngantuk2 krn semaleman cuma tidur2 ayam di bus, gak konsen sama omongannya pak khotib yg merangkap jadi imam. gw tahan2in terjaga buat menyantap opor ayam, lontong n sambel goreng ati yg tersaji hangat di rumah :P

hehehe, jerih payah yg terbayar! dibela2in tengah malem, kedinginan, cepet2an n ngantuk2 demi kehangatan bersama keluarga. kali ini gw tau artinya mudik di malam takbiran. sesuatu yg enggak gw tau walopun melakukan hal yg sama ke purwokerto bareng bapak ibu waktu gw kecil dulu.

bapa, biyung, ingkang putra ngaturaken sugeng riyadi. sedaya lepat nyuwun gunging samudra pangaksami...

4 comments:

luigi said...

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1427 H, semoga ibadah puasanya ramadhan-nya lancar dan membawa berkah dan pahala.

Mudah2an mudik-nyalancar dan gak banyak gangguan..

Seneng udah bisa mampir kesini, Kind regards from West Africa

kidi said...

hm..menarik sekali ceritanya...saya sampe terhanyut emosi...selamat mas

nanik said...

untuk perjalanan jogja-semarang, lumayan seru juga. tapi Lon, bis merek itu bagi warga Gunkid udah enggak direkomendasikan loh..hehe

buat mas Diki, berlebihan deh... sampe terhanyut emosi segala...

matahari said...

halo mas luigi, makasih mau mampir lagi.

mas kidi, airmatamu jangan sampe masuk ke opor ayam. nanti jadi pahit :P

loh loh, emang gak direkomendasikan gimana? busnya emang ancur ya? tapi ya gimana, wong itu bus pertama ke semarang je. tar gw gak isa nyampe semarang subuh2 kalo gak pake bus itu.