Thursday, November 23, 2006

jogja selepas hujan

Roda motor gw ngebelah jalan yg basah oleh sisa air hujan tepat satu jam lewat tengah malam. Sama seperti malam sebelumnya, dan malam sebelumnya, dan malam-malam dua tahun terakhir ini. Gw putus kontak dari semua orang. Gak ada RO, ga ada YM, ga ada telpon tengah malam, bahkan ga ada gangguan dari temen kos. Cuma Lucky 13 yg menggedor2 telinga. Benteng terakhir pengasingan.

Terkutuklah orang2 insomnia yg gak isa istirahat selayaknya manusia normal.

Saat semuanya menemukan kehangatan dalam pelukan mimpi, gw nyangking gelas kopi. Ngopi? Tentu saja bukan. Gelas itu mau gw cuci. Ngerapiin kamar keknya merupakan agenda yg pas buat malam ini. Gw blon sempet ngerapiin kamar sejak dari kedatangan bapak minggu lalu n Pilun yg wira-wiri nginep di kosan.

Ngangkat-angkat box buat cari pemanas yg entah tauk ada di box sebelah mana. Huff, malem2 gini gw lagi laper. Mungkin cari ikan emas dalam akuarium dan namain dia Bugg lucu juga. Makan mie goreng sambil ngoceh sama Bugg kecil jadi ide gw yg paling cemerlang malam ini. Tapi lantai kamar blom di-pel. Gak boleh ambil rehat kudapan dulu sebelum bikin lantai kinclong.

Masih ada baju2 kotor yg berserakan bikin nyamuk dng mudah bersembunyi dari semprotan obat nyamuk sporadis. Bukan, nyuci baju malam2 gini bukan ide yg bagus. Bagaimana isa ngejemur kalo matahari baru bersinar 4 jam lagi? Duuhhh!? Kumpulin baju kotor di ember n masukin ke plastik buat bikin mudah si tukang londri ngambil besok pagi. Lain halnya kalo ada mesin cuci n dryer kali ya? Abis pakai, cuci, keringin terus setrika sambil nonton siaran tivi tengah malam yg nyiarin film Indonesia untuk dewasa.

Hoho, ganti kurung bantal n sprei kalo mau tidur. Tinggal di kamar paling barat pada musim panas gini emang bikin sprei cepet kotor. Apa yg terjadi pada lantai sama halnya terjadi sama tempat tidur. Basah kuyup oleh keringat. Lumayan juga kalo Jogja abis diguyur ujan. Udara segar plus hawa sejuk isa ngalir lewat jendela krepyak yg gw buka lebar2. Pengkondisian udara alami yg paling menyegarkan ketika beraktivitas fisik.

Satu pertanyaan muncul ketika semuanya sudah tersusun rapi dan tersimpan pada tempatnya.

“Mau ngapain, ya?”

Pertanyaan yg sudah tercetus sebelum semua aktivitas gak normal tadi berlangsung.

5 comments:

Amma said...

tidur :P

matahari said...

hehe, iya. akhirnya gw tidur kecapekan :D

Esha said...

Iya....mo ngapain ya.....sementara mata lom mau tidur?Di jogya kan banyak tempat nongkrong.....

matahari said...

kalo ada temen nongkrong sih enak. tapi kalo dhewekan ya percumah :D males...

nanik said...

aktivitas malam yang aneh!