Saturday, March 17, 2007

Surabaya Aku Datang

Akhirnya gw ada di Surabaya. Tempat yg sama sekali asing buat gw. Gak ada keluarga, cuma ada beberapa teman yg punya agenda sendiri. Gw kudu harus isa nemuin kos sebelum tenggat waktu 7 hari yg diperbolehkan perusahaan untuk menginap di mess jalan Darmokali. Hari2 pertama di Surabaya gw abisin buat orientasi kota. Jalan2 gak tentu arah, naik angkot setan, jalan kluar masuk kampung sampai makan di sembarang tempat. Royal, Tunjungan Plasa I n II, Taman Bungkul, RS Dr Ramelan, Jagir Wonokromo, kebon binatang, yeah right, mari kita jalan2 di Surabaya.

Jalan? Kalo gw boleh ngomong, mending jangan jalan di Surabaya. Pake aja motor, taksi, atau mobil. Batang pohon, pot tanaman hias, kabel telpon, lubang gorong2, tiang listrik, dan pagar perlintasan kereta api. Gw ngomong tentang halangan yg ada buat pejalan kaki. Menurut gw, Surabaya bukanlah kota yg ramah buat pejalan kaki (diamini oleh beberapa orang teman yg punya KTP Surabaya). Macem Mario bross aja kudu ngehindarin lubang ato tanaman di tengah jalan. Untung aja gw gak kudu nyari jamur.

Bilang aja gw yg blom mapping kota Surabaya dng bener. Kmaren gw nyari makan malem bareng temen2. setelah jalan kurang lebih 1,5 km kami nyadar bahwa gak ada secuil warung ato cafe ato kaki lima yg representatif. Cuma ada angkringan, itu pun satu dua. Ada yg bilang kami enggak nyari di tempat yg bener. Kek Shinchan ngotot nyari daging di toko sayuran, terang aja gak dapet yg dicari. Gak ngerti, mungkin kulturnya yg beda ato emang ada kebijakan dari pemkot setempat yg ngumpulin pedagang kakilima di satu tempat.

Tersebutlah Taman Bungkul. Taman deket mess yg punya penataan taman yg ok punya. Ada skate park, taman bermain anak2, tempat duduk2, path yg menawan dan lighting yg cukup ok untuk sebuah ruang publik. Tersedia juga pedagang2 kakilima yg menjajakan aneka hidangan mengundang (terutama ayam goreng n bebek goreng dng sambal pedas yg melelehkan air liur). Tapi apa iya, setiap hari kudu makan di Taman Bungkul? Gw pengen ngerasain sate kambing ato sapi (sampe saat ini blom pernah ngeliat gelaran dagangan di Surabaya). Gw pengen nyobain rawon setan yg buka jam 11 malem n langsung tutup gara2 cepat habis. Gw pengen nyicip sega sambel yg harus dipesen setengah jam sebelumnya ato kalo enggak bakal ngantri lama hanya untuk merasakan sensasi pedasnya. Arah manakah Doli itu? Loh!?!?

Cukup, cukup, komplainnya udah cukup. Blom ada seminggu kok udah komplain mulu. Bukan resistensi, tapi gw pengen isa nikmatin Surabaya sebagaimana gw ngelewatin waktu di Jogja. Gw pengen kehadiran gw di Surabaya memberikan arti sendiri. Gw pengen keramahan dan kearifan lokal Surabaya mengimbas ke gw.

Gw datang tidak untuk percuma, tidak untuk jadi bayangan yg berkali-kali berlari disinari headlight.

15 comments:

chocoluv said...

heheheh,,, emg lebih enak di jogja kali ya :P

tapi ngga papa,,, tetap semangat!! jadi sekarang cahandong udah buka cabang di surabaya... kapan2 kita serbu surabay hahahaha :D

matahari said...

yuhuuuu, menikmonik. cahandong cabang surabaya keknya ok juga :P maen ke surabaya, liat lumpur lapindo, terus pandangi lautan di pulau bali.

toooooooooooooooopics said...

weh.,., menjelajah kie.,., cari tempat kopdar donk di surabaya.. ntar kita kunjungin.,., kekekeke.,.

zam said...

loh? sampeyan saiki nang suroboyo ta?

yok opo, rek, nggarai kangen ae..

wah, suroboy ikua keh pangana sing enak-enak.. coba ae sampeyan malku-mlaku nang Kenjeran, hasil laut suedep temen..

nek gak ngono, nyoba-a Lontong Balap, Kupang Lontong, Rujak CIngur, Soto Madura, waduh waduh, cek akehe, rek..

wah, kangen aku rek ngelencer nang Suroboyo maneh..

wis, dibetah-betahno ae kang.. Suroboyo iku asik, walau panas-e nemen lan kotor

thestoopid said...

wah surabayaaaa.... ga terlalu pelosok spt yg diharapkan hihihihi....

wah kalo posting pake poto mas!
lebih asoy!

diditjogja said...

aseekkk...kalo ke surabaya ada yang bisa ngajakin muter2!!

kidi said...

hm....

Jingga said...

Semoga betah :-P kalo gak ya dibetah-betahin ajah :))

nur said...

Selaen sego sambel dan rawon setan (yang nggak terlalu enak lagi kale...), masih ada bebek goreng sebrang Tugu Pahlawan, rujak cingur Embong Sawo (yang ini kudu nyoba meskipun belon tentu doyan. Khas Jatim gitu loh), Mie 55 Jl. A. Yani, soto Kamar Mayat RS Soetomo, dan roti cane/maryam-nya Sunan Ampel (sumprit aneh, tapi Suroboyo banggeut...).

wiwin said...

semoga bisa lebih betah di Surabaya sana. Cuma perlu waktu aja untuk b'adaptasi. :)

yuka said...

Wah makin jauh dunk bang....

HEhehehe...dasar orang bermental nomaden!!!! Tapi gpp dinks...Kalo balik ya, mampir jogja dulu, kasi aku oleh2 aku kan lum pernah ke SBY,otre!!!

Thx bwt sarannya waktu itu yah...mampir2 dunk...t4ku sepi neh...

Mohammad Helman Taofani said...

Hola,

Temennya Nukky ya? Graphic Designer, lulusan Arsitek dan sekarang domisili di Surabaya...Wondering kenapa kita mirrorized banget yak dalam hal nasip. Hehehe.

Ngomong-omong, soal browsing Surabaya gw juga sama-sama masih novice banget. Istri gw yang baru 2 bulan di sini malah lebih fasih nyusur jalan-jalan kota. Advis gw, biar lebih cepet pake aja angkot (kalo di Sby disebut Lyn), soalnya rute-nya muter-muter. Plus, beli peta Periplus yang edisi terbaru karena akurat setengah mampus buat nyari puteran balik arah (kalo make motor atau mobil).

Kalo buat makan yang ala Jogja, coba aja cari di sekitaran kampus (dari segi harga) ngga jauh beda. Kalo menu, ati-ati kalo beli gudeg karena di sini kadang ada yang jual gudeg tapi malah ngga ada gudeg-nya.

Sala kenal yak!

Au revoir!

Nuki Adiati said...

Halo Mas Matahari,

Jalan2 sama Hilman tuh, jangan lupa sampaikan salam dariku ya...hehe. Selamat menghirup harum cahaya di kota yang baru, pasti banyak pengalaman segar yang bakal didapat. Sukses selalu, sampai ketemu!!

Mbakyu said...

Met datang di Surabaya, Dik!
Telat ya ucapannya? :p
Aku udah tiga bulan di sini..
teteup aja masiy suka nyasar kalo jalan2.
Boros bensin... :'-(

askarapunmasignofart said...

lon mai mospeluebelpren pripun bapak deputi direkroer yang ter hormat
kie dolan dolan nggonku genten yah....
http://askarapunmasignofarg.blogspot.com/

en soerat soeratan yah
askarapunma@yahoo.com
abuknalpot@gmail.com
artofarg@yahoo.com

yang trakir wis kebak soale tadaftarke mailis
lon kapan kite gila gilaan gae komik poopiye gituloh