Tuesday, January 29, 2008

Buang Sial?

Sepekan lalu ketika kerjaan utama gw hanya nonton gosip di tivi, gw terpapar oleh cerita sang selebriti yang sedang buang sial lantaran abis cerai. Artis cowo ini (okay dia bisa menyanyi, terus jadi artist? Gw pengen liat art-nya di mana…) dengan sangat demonstratif mencelupkan diri ke air laut di pantai utara Jakarta untuk buang sial. Ya, bahkan para penyedia gosip membuat kronologi tentang peristiwa penting di awal tahun itu.

Kira2 begini menurut bahasa gw sendiri:
1. sang artis mengucapkan niat
2. mulai mencelupkan diri ke laut
3. merogoh bagian bawah tubuhnya yang terendam air
4. menarik kain yang membalut bagian bawah tubuhnya
5. memutar2 kain tersebut lalu membuangnya jauh2 ke tengah laut
6. kembali merogoh bagian bawah tubuhnya yang terendam air
7. menarik cawat/kancut/celana dalam dari bagian bawah tubuhnya
8. memutar2 cawat/kancut/celana dalam tadi lalu membuangnya jauh2 ke tengah laut
9. mencoba meraih cawat/kancut/celana dalam tadi karena terjatuh tak jauh dari tempatnya melempar
10. membuat kepalan cawat/kancut/celana dalam tadi lalu membuangnya jauh2 ke tengah laut
11. kembali ke pinggir pantai
12. memakai jubah mandi
13. memotong sejumput rambutnya
14. mencoba membuang potongan rambut ke arah air laut
15. menunjuk2 potongan rambut yang terdampar ke pantai karena angin bertiup ke arah daratan
16. hanya Tuhan, para pencari gosip, dan sang artis sendirilah yang tahu bagaimana cara dia pulang ke rumahnya.

Mandi basah dia bilang, mungkin kamar mandi di rumahnya kurang terekspos kamera sehingga dia harus mencari tempat mandi di mana seluruh orang harus melihat ritualnya.

Buang sial dia bilang, gw bilang sih buang celana plus celana dalam adalah salah satu tindakan pencemaran lingkungan. ‘Littering’ kata orang Jawa, alias buang sampah sembarangan.

Kalo ternyata tuh celana sampe nyekik di leher penguin gimana? Ekosistem pantai bisa terganggu. Populasi penguin menurun, ikan2 tambah banyak, plankton jadi sedikit, ikan paus terancam punah!! Kalo celana dalam tadi bikin anak kecil yang mandi di laut tersebut (mengingat ini pantai umum) bisulan nanah gimana? Kasihan, kan?

Green Peace, lakukan sesuatu!

Nanti banyak surat kabar nasional akan mempunyai head line “Celana Dalam Sang Artis Penyebab Kepunahan Ikan Paus” alih-alih “Kepunahan Ikan Paus Akibat Pencemaran Minyak di Laut Lepas”.

Kadang2 gw gak isa misahin mana fiksi, mana non-fiksi, n mana orasi.

Friday, January 11, 2008

Kubikal Kecil

Beginilah nasib karyawan rendahan. Menghabiskan waktu berjam-jam dalam satu kubikal sempit yang berantakan. Mencoba menyelesaikan pekerjaan yang sepertinya gak pernah ada habisnya. Beruntung, rekan2 kerja di fungsi gw pada easy going semuanya. Serius, tapi tetep isa menikmati hari2 kerja.

Kantor gw terdiri dari tiga ruang. Ruang manajer + sekretaris n ruang asisten manajer yang terdiri dari 4 kubikal besar yang berderet-deret, dan ruang kerja kelompok kerja yang terdisi dari 2 blok kubikal yang masing2 berisi 4 kubikal. Di seperempat kubikal inilah gw ngendon.



Keterangan:
1. Main Computer
2. Pertamina Contact Center
3. Daftar Nama n Jabatan Pejabat Tinggi
4. Hiasan Kucing Warisan
5. Daftar Nama n Jabatan serta Informasi Fungsi Retail Development
6. Mary-Star of the Sea
7. Telepon
8a. Mouse Mary-Star
8b. Mouse Main Computer
9. Post it
10. Ponsel
11. Ballpoint
12. Daftar Pekerjaan yang Harus Dikerjakan

Gak Penting

Di kantor tempat gw kerja dulu, gw kerja sebagai pembuat infografik. Infografik adalah persilangan antara gambar dan informasi, secara gampang bisa dikatakan bahwa infografik adalah satu informasi yang disampaikan dengan gambar. Misalnya tatacara penggunaan ponsel, cara evakuasi darurat pesawat terbang, dan yang paling jamak ditemuin di media massa cetak adalah chart/grafik.

Contohnya adalah seperti yang termuat di tabloid berikut ini.



Isi datanya penting gak sih? Apa lagi selanjutnya? Daftar artis yang merajut tali cinta dan putus tahun 2007?

Empat Puluh Lima Menit

Shits happened in that 45 minutes. Keringat mengalir di dahi, kemungkinan juga mengambang di lipatan ketek. Yang pasti aliran deras adrenalin sama seperti naik roller coaster, jantung gak berhenti memompa aliran darah dan perut menjadi sangat sangat mual. Wuih, sedikit berlebihan, tapi itu yang gw rasain pada Presentasi Akhir Pendidikan. Berdiri di depan forum mempertahankan karya ilmiah yang gw bikin pada akhir proses pemagangan. Tema yang gw angkat adalah analisis GIS untuk pengembangan pasar. Tema yang relatif baru untuk pengembangan pasar ritel. Sempet gugup karena gw cuma belajar otodidak gak lebih dari 5 bulan terakhir. Untungnya, gak ada dari satu penguji pun yang menguasai analisis n program yang digunakan.

Huff, selamatlah gw dari cecaran yang menjurus ke pembantaian seperti yang dilakukan penguji ke kamerad sebelum gw. Malah seperti jualan aja gw di depan. Mengenalkan barang baru yang gak banyak orang tau. Gw emang gak boleh terlalu puas dulu karena ini bukan akhir perjuangan. Ini semua baru awal babak baru di hidup gw. Tapi senyum puas n tepuk tangan penguji bolehlah jadi penghapus letih.

Tuesday, January 08, 2008

Apa yang ada di pikiran cowo?

Kami melintasi jalan tol ketika akan menuju ke asrama Simprug. Ketika itu kami pikir jalan tol ini akan menjadi rute yang terpendek n tercepat. Tapi ternyata malah sebaliknya. Anyway, gw tertarik pada nama pekerja gerbang tol yang menarik uang tol n memberikan tiket. Hehehe, iseng2 aja nyebut namanya. Biar akrab.

Matahari : Terima kasih, mbak Vina (sok akrab)
Kecil : Hhhh, cowo tuh mesti gitu… (Kecil gak tahan buat kasih komen ke mulut usil gw)
Matahari : Lho, gitu gimana?
Kecil : Lha itu, pasti tertarik kalo ada nama cewe, apalagi kalo ada no hape-nya. Langsung dicatet, deh.
Matahari : Ah, gak juga.
Kecil : Emang gimana?
Matahari : Kalo ada alamat rumahnya, nah, itu pasti langsung dicatet :P

Sunday, January 06, 2008

Selamat Tahun Baru 2008

Tahun baru ini gw lewatin di dalam asrama aja. Seperti tahun2 sebelumnya, gw cuma pengen tidur ketika pergantian tahun terjadi. Cukuplah orang2 yang ngeributin pergantian kalender ini dengan segala haru biru n ingar bingar. Gw mau menuhin panggilan kebutuhan dasar aja, tidur.

Tapi tepat setelah Jakarta dibingkai warna2 kembang api, dari pintu kamar terdengar ketukan. tinggal di asrama kek gini bikin hati gak tenang kalo jam segini, kamar diketok, dan terlihat temen2 ngumpul dengan segala balon, terompet, n hiasan tahun baru di tangan. Lebih gak tenang lagi liat senyum lebar di muka mereka yang sama sekali gak kliatan ngantuk. Dan terjadilah kejadian itu.

Dari belakang gw yang gak sadar apa yang telah terjadi, segelas penuh air mengguyur kepala. Jah, inilah kali pertama ada orang ngeguyur gw pas gw ulang tahun. Hahaha, pasti ada pertama dalam segala hal. Kejutan lain segera menyusul. Cheesecake Blueberry topping dengan dua lilin menyala disodorkan ke muka gw. Hehe, ini juga hal pertama dalam 20 tahun terakhir.

Ya sudahlah, walopun kenyataan pergantian tahun yang tenang tidak pernah terjadi, tapi paling enggak gw ada sama temen2 gw. Keluarga terbaik yang gw temuin hari ini.

Terima kasih atas semuanya n selamat tahun baru.

Berikutnya, inilah 10 SMS pertama yang gw terima di awal tahun. But rules are rules, sebelum tanggal 1 Januari 2008 akan dianggap sbg tahun lalu. Tapi bukan berarti yang tidak masuk daftar tidak berarti, cuma susah aja nulis semuanya. Hehehe, terima kasih semuanya.

1. Yenikecil; 00.06
Hepi bDay, Hepi bDay, Hepi bDay, sekarang
Sekarang Hepi bDay, Hepi bDay, sekarang

Hehe

Otanjoubi omedeto
Selamat hari burung
:D

Hope u’ll get d best u want n what u deserve

2. Miaw Cayank; 00.13
Cayang, met ultah ya! Aku bingung mo doain apa. Pokoknya di taun ini selalu dapat yang terbaik. Amin.

3. dedekecil; 00.17
Happy birthday, bro. d tengah hutan ga boleh pesta kembang api. Bahaya kalo kebakaran hutan. Hehehe…

4. Keke BPS; 00.18
HAPPY BDAY LAWNI! Wish u all d best yah bok. Mudah2an makin sukses n awet ama tikoy hehe…

5. Kecil; 01.16
Semoga kamu suka kuenya. Happy birthday n happy new year. I luv u.

6. Emon; 05.36
Met ultah n met taon baru, mas Law. Moga di taon ini menjadi lebih baek dari sebelumnya. Amin.

7. Regina + Felix Komikers; 07.22
Met ulang tahun baru. Smoga dengan bertambahnya usiamu di awal tahun ini, Tuhan memberikan segala yang terbaik untukmu. Sukses selalu, yo.

8. Sara; 15.22
Mana nih pizzanya? Kok gak nyampe d aq? ;-[ Happy bday yah. Panjang umur, sehat n sukses selalu J

9. Aewe Angga; 15.27
Happy birthday to ya, happy birthday!!

10. Rime; 17.20
Ey mas loni, rima ini. HEPI NU YEAR n HEPI BEZDEY 2 U. Wishing u all the best in this nu year. Sori, aq ngucapinnya pake hp orang, hpku ga ada pulsa, hehehe.

Hahaha, Marilah Tertawa Bersama

(Originally written on 29 Dec 2007)

Hari ini kami semua dari seluruh penjuru Indonesia kembali berkumpul setelah hampir setahun mengikuti program belajar. Hari ini semua rindu tertumpah dan semua cerita berhamburan keluar dari mulut2 kami. Bersua dengan kawan lama adalah sesuatu yang menggembirakan, walopun dalam beberapa hari ke depan nasib kami akan ditentukan. Tetap bertahan atau lepas begitu saja.

Ya, coba dinikmati saja. Walopun kepergian ke asrama harus memutar setengah Jakarta, walopun kudu mendapati kenyataan bahwa sepatu yang selama ini ngebungkus kaki ternyata udah aus menapaki jalan, walopun Mary-star harus tergores eksternal hardisk yang kemudian jatuh sehingga memori sebesar 250 GB yang baru berusia 2 bulan itu tak bisa digunakan lagi. Marilah kita tertawakan semua itu. anggaplah itu semua bagian dari kesialan tahun yang lalu. Berharaplah tahun depan lebih baik dari hari ini.

Permisi, gw mau mulai hibernasi. Daripada rasa yang bersilangan di dada ini semakin gak menentu dan salah menyasar pada teman2 yang baik hati.

Mari….

Perkenalkan!

Dia punya tulang pipi yang tinggi, rambut merah yang eksotis, sangat modis, punya perut yang tak malu untuk dipamerkan, bibir yang menggoda, dan wajah yang inosen. Tak salah kalau dia memilih profesi sebagai…

…bassis salah satu grup rock alternatif yang sangat berisik menendang gendang telinga.

Dialah Ginger Reyes, bassis teranyar the Smashing Pumpkins yang menggantikan posisi D’arcy Wretzky dan Melissa Auf der Maur dalam album Pumpkins paling gress bertajuk Zeitgeist.

Lengkapnya tengok http://en.wikipedia.org/wiki/Ginger_Reyes. Bakal nemu sedikit banyak tentang Ginger Reyes.
Billy, Billy, bisa aja lu milih anggota band.


Sumber: www.wikipedia.com

Kerja Itu Seharusnya Begini

Gw pikir, masuk perusahaan ini berarti gw harus duduk di belakang meja terus-menerus. Ngerjain perhitungan-perhitungan, perkiraan-perkiraan, data-data, dan strategi bisnis yang sama sekali gak gw ngerti. Yeah, well, OK, I did all of that. Duduk cengo seharian di belakang meja, ngerjain perhitungan-perhitungan, perkiraan-perkiraan, data-data, dan strategi bisnis sambil mikir kalo gw adalah orang yang paling bego sedunia.

Tapi akhir2 ini gw dikasih tugas yang rada beda dari tugas keseharian tadi, “bikin pemetaan outlet di beberapa kota besar di Jawa dan Sumatra”. Berawal dari pengumpulan data2 pendukung yang gw cari dari beberapa sumber, gw terus kudu siap2 jalan ke lapangan untuk kemudian menyatukan semua data tersebut dalam satu bentuk penyajian agar enak untuk dianalisis.

Dan beginilah cara gw untuk bikin survai lancar dan menyenangkan.

Siapkan peta perjalanan, jangan lupakan kamera (dipakai buat moto gambar tadi tentunya), GPS, ponsel, batere cadangan, catatan kecil lengkap dengan bolpen, dan untuk pecandu MSG kek gw gak lengkap rasanya tanpa Chitato dan Chiki Balls.

Ah, menyenangkan sekali.