Thursday, October 09, 2008

Hikmah Ramadhan (?)

Ramadhan telah berlalu, tetapi ada hal-hal yang datang mengetuk kesadaran gw hasil munajat sebulan penuh itu.

1. Zakat dan sedekah
Perbedaan dasar antara zakat dan sedekah terletak pada hukum yang mengikat keduanya. Jika sedekah tidak ada peraturan yang mengatur, sedangkat zakat ada terms n conditions yang berlaku. Jika saja orang2 mau memahami aturan2 yg benar, mungkin kejadian menyedihkan yang terjadi di Jawa Timur isa dihindari. Tetapi, ketika semua orang menyerukan untuk membagikan zakat melalui lembaga yang sudah ditunjuk, Gubernur DKI malah membagikan “zakat” sama seperti pembagian “zakat” di Jawa Timur. Jika pembagian zakat melalui amil (badan) zakat memang harus dilakukan, alangkah baiknya seorang Gubernur melakukan hal tersebut sebagai contoh untuk semua umat.

Mau berbentuk infaq, sedekah, zakat, hibah, wakaf, dan lain sebagainya, semoga aja bikin kita gak termasuk orang2 yang kuat menggenggam harta. Karena harta gak dibawa mati dan takut gak isa mempertanggungjawabkan kelak nanti di hari perhitungan akhir.

2. Puasa melatih diri
Menjaga hati, lisan, pikiran, dan segala tindakan. Lebih sabar, lebih isa melihat situasi dan kondisi. Duh Kanjeng Ibu, ingkang putra nyuwun gunging pangaksami. Hiks….

3. Trik sahur anak kos
Lebih praktis membeli sahur sehabis tawarih sehingga gak perlu kluar pagi2 buat cari sahur. Karena emang masih ngantuk atau daerah tempat kos jarang ada warung yang buka pas sahur. Tentu saja dengan sedikit trik, makanan yang sudah dingin tersebut isa menjadi tampak menggiurkan. Dengan memisahkan bumbu dengan sate, terbukti mampu membuat rasa sate menjadi lebih awet daripada dicampur.

4. Pemesanan tiket mudik
Atas nama kemudahan, pertimbangan harga, dan menghindari ngantri yang tidak masuk akal, rencanakanlah pembelian tiket mudik secara seksama. Pesanlah tiket sesegera mungkin setelah jadwal satgas diumumkan TT__TT

5. Pengaturan jadwal libur di kampung
Karena waktu libur yang terbatas, sebuah daftar harus dibuat. Sebuah daftar yang memuat apa saja yang bakal dilakuin, sapa aja yang mau dikunjungi, dan selalu buat rencana cadangan (penting sekali). Karena ketika temanmu bilang “Ya, nanti kita kontak-kontakan lagi”, itu artinya rencana cadangan harus langsung jadi prioritas utama. Karena gak akan terjadi kontak-kontakan seperti yang dijanjikan. Gak akan pernah terjadi walopun ditunggu sampe Lebaran Monyet pun. Not ever.

8 comments:

ali said...

wah ternyata banyak pelajaran yang dapat diambil ya

matahari said...

ya, semoga berkah lah :D :D

Luthvi said...

Wah,harus diamalin terus tuh mas...gag cuman pas puasa ajah..

Btw mas, dirimu tuh kerja di peta-petaan juga tooh.. SIGnya kepake dunk?? Yuph..yuph..baru tau akuw.. Ngambil di google earth ya? Akuw juga masih belajar sih..

Tapi kok Cilacap gag ada....... :( :( T__T

yenkumi said...

hehe,,, yg trik sahur itu, aku jadi inget waktu masih ngekos...
beli makan bwt sahur pas malem biar sahurnya ga repot hehe,,,

matahari said...

@de lulut: yeeeeee, ngapain gw dulu panjang lebar n susah2 minta tolong lu buat ngasi tau mata kuliah di geodesi yg ada hubungannya sama SIG? gimana seeehhh??

@yeni: gw kan masi anak kos? :P :P

Quotes said...

Wuih, OK juga Lawn.. btw kalo butuh kata2 mutiara coba aja berkunjung ke blog gw..

retma-haripahargio said...

Munajat apaan Lon? Munajat cinta? oooh, terus kapan undangannya dunk? --> lah, gak nyambung ye gw. Qeqeqeq...

TRik sahur? Kagak berlaku lah, buat gw. Wong pulang kantor juga dah mau sahur. NGapain beli pas waktu buka? :D

matahari said...

@mbak wati emaknya nikki n kira yamato: been there done that :P :P