Tuesday, November 18, 2008

Negeri Para Pendongeng

Gw denger dari orasi dan gw baca dari tulisan tuan-tuan serta nyonya-nyonya yang intelek nan berpikiran luas. Dari mereka yang mencoba menbangkitkan sejumput rasa kebanggaan atas bangsa ini maupun yang hanya berbual berharap mendapat tempat di Senayan.



Bahwa negeri ini sebetulnya tidak kekurangan energi sama sekali. Indonesia memiliki banyak sumber-sumber energi yang beragam jenisnya. Mulai dari minyak, gas, batu bara, panas bumi (geothermal), sampai nuklir. Belum lagi energi terbarukan lainnya seperti angin, air, matahari, biofuel, dan biogas.


Semuanya tersebar merata di hampir seluruh wilayah Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke. Tak sejengkal pun tanah di bumi Nusantara ini yang tidak mengandung karunia Tuhan. Semuanya dapat menghasilkan sesuatu bagi kebutuhan dan perkembangan manusia Indonesia. Bahkan bagi kebutuhan umat di dunia! Tongkat ditancapkan tumbuh pohon. Bukan lautan hanya kolam susu.


Gw yang apatis ini hanya bisa menggantungkan tanda tanya dalam kepala. Kira2 mereka semua itu menggunakan data yang berasal dari Biro Pusat Statistik ataukah dari Buku Dongeng Pengantar Tidur Anak, ya? Mungkin ide bagus jika menambahkan “dan akhirnya semua orang berbahagia selamanya” pada bagian akhir (mungkin) orasi keilmuan atau (sepertinya) essai ilmiah tersebut.


Kata orang pintar, data dapat mencerdaskan bangsa.

2 comments:

insanbiasa said...

saya kira data dan fakta tidak harus dari BPS. cukup menonton koran dan membaca TV anda akan tahu bahwa kita tidak sedang hidup di negeri dongeng?

namun suatu saat. urain anda akan menjadi dongeng bagi anak cucu kita. semoga kita amsih bisa menceritakannya.

jarwadi said...

... they live happily after ever