Thursday, August 27, 2009

Alhamdulillah…

Jika salah satu bentuk rejeki yang diberi oleh Allah adalah dalam bentuk makanan, maka hari ini gw berlimpah akan rejeki.

Mas Desky menelpon karena dia sedang cuti di Jakarta. Iseng2 aja gw tagih makan2 karena dia telah berhasil cuti untuk beberapa hari meninggalkan tugas yang teramat sangat sulit untuk mendapatkan izin cuti. Jadi kek semacem syukuran gitu maksudnya :P Sebuah kelakuan iseng-iseng yang akhirnya berbuah 10 loyang pizza di atas meja tengah, yang juga disebut “snack corner”, di akhir jam kerja. Sepertinya hari ini gw gak usah harus bingung dengan apa gw berbuka puasa nanti.

Sesampainya di kos, ternyata Ibu Kos telah menyiapkan satu mangkuk besar penuh dengan es buah untuk buka puasa khusus buat anak-anak kos. Karena terpancing warna segar dan bermacam2 isian yang tampaknya menyegarkan, gw tergoda untuk mengaduk es buah nan eksotis itu. Sekilas tampak timun suri, agar-agar, kolang-kaling, nata de coco, dan taburan telasih. Sangat menggoda iman :D

Segera gw ambil cangkir gw yang berukuran jumbo dan menyendok sedikit demi sedikit air merah bertelasih dan juga segenap isinya. Sedemikian sangat berhati-hati agar jauh dari kesan kemaruk, hehehe. Ibarat kata mendapat durian runtuh, rejeki yang gw dapet menjadi berlipat ketika Ibu Kos bilang “Ambil yang banyak sekalian, jangan malu-malu”.

Ah, alhamdulillah, ya Rabb!

Senja Makassar Pertama

Jam di ponsel masih menunjukkan 17.00 tapi gw tau kalo gw harus cepet2 nyampe ke kamar buat nyimpen tas dan segala macem atribut kantor karena gw gak mau ngelewatin kesempatan langka ini. Kesempatan buat ngeliat matahari turun ke peraduannya untuk pertama kali di pesisir Losari. Dari lantai lima di Aryaduta tempat gw nginep, gw isa ngeliat lembayung senja mulai menghias langit Makassar.

Untuk beberapa alasan, sekarang sebenarnya sudah memasuki pukul 17.30 waktu Indonesia tengah. Gw memang gak punya banyak waktu. Gak pake ganti kostum, gw segera nyamber kamera pocket dan terus berlari2 kecil menuju bibir pantai. Ternyata yang gak ingin ngelewatin momen tersebut bukan cuma gw doang. Penduduk Makassar yang pasti sudah pernah ngeliat peristiwa ribuan kali ini pun masih dibuat terkesima. Keajaiban Losari memang tak bisa dilupakan.


Manusia dan Pantai Losari

Orang-orang yang ramah, penjaja makanan yang setia menanti pembeli, anak-anak kecil yang bebas berlari, bau uap asin lautan, belaian Anging Mamiri yang menempuh misteri ratusan kilometer, dibingkai oleh kesyahduan warna lembayung.

Pemandangan Laut dari Kamar

Setelah puas menikmati suasana senja, gw baru cabut ketika matahari benar2 telah tenggelam di lautan. Menyempatkan diri menyapa tukang pisang penyet yang gak bakal gw temui di tempat lain. Ini lah “pisang epek” asli kebanggaan peradaban Makassar. Pisang raja yang dipanggang di atas api untuk kemudian disiram dengan saus gula aren yang diracik sempurna dengan durian dan parutan kelapa yang legit. Tampaknya malam ini akan menjadi malam petualangan menyelami rasa “pisang epek”.

“Mau beli apa, Ki’?”


Pisang Epek Asli Makassar
originally written on Januari 19th, 2009

Monday, August 24, 2009

Komunikasinya Enggak Bagus

Ternyata variabel waktu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas suatu komunikasi. Pembicaraan ini diambil ketika bulan sudah jenuh menggantung di gelap malam, tepat setelah Jarum Pendek baru saja melepas rindunya dengan Jarum Panjang kekasihnya.

pelangikecil : Mas, “kesempatan” bahasa Inggrisnya apa?
ulat_busuk : Opor ayam.
pelangikecil : Kok opor ayam?
ulat_busuk : Iya, “oportunity”.
pelangikecil : Kok “oportunity”? "Oportunity" kan artinya kesempatan?
ulat_busuk : Lho, kamu itu nanya apa sih?
pelangikecil : “Kesepakatan” bahasa Inggrisnya apa?
ulat_busuk : /swt

Sepertinya memang ada yang sudah terlalu lelah dan harus segera tidur. Selamat tidur, Cantik.

Sunday, August 23, 2009

Ramadhan Telah Tiba

Ya ayyuhal lathiyna aamanu, kutiba alaikumus-siyam, kamaa kutiba alal-lathiyna min qablikun, laalakum tattaquun (Surat Al-Baqarah 2:183).

Dua belas purnama telah lewat sejak Ramadhan terakhir. Artinya selama sebulan penuh ke depan, muslimin di seantero kolong jagad berlomba menegakkan ibadah Ramadhan yang telah dicontohkan oleh umat2 sebelumnya. Entah itu sebagai tradisi, keyakinan, atau hanya gagah-gagahan saja, toh juga hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui dan berhak menilai.

Menyitir doa malaikat Jibril menjelang Ramadhan yang kemudian diamini oleh Rasullah SAW sebanyak tiga kali : "Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut: 1) Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada); 2) Tidak berma'afan terlebih dahulu antara suami isteri; 3) Tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya”. Karena itu dengan segala kerendahan hati, saya mohon maaf atas segala tindakan yang kurang berkenan di hati.

Akhirul kalam, selamat beribadah di bulan Ramadhan tahun 1430 H ini. Selamat menginterpretasikan makna ibadah dengan kacamata masing-masing. Semoga doa dan usaha atas semua amal ibadah kita di-ijabah-i oleh Allah SWT.

Sumber : berbagai sumber.

Monday, August 17, 2009

merah putih



Walaupun cuma ada di www.google.co.id, tetapi ngeliat sang dwi warna berkibar di halaman pencarian menyelipkan rasa kebanggaan terhadap bangsa ini. Se-Barat apapun pendidikan yang dijejalkan ke otak ini, gw tetep saja manusia Jawa. Manusia Jawa yang merupakan sebagian dari bangsa besar bernama Indonesia. Gw harap bangsa ini gak bakal jadi sejarah, tetapi tetap terus menorehkan tinta emas dalam lembaran sejarah umat manusia.

MERDEKA!! Merdeka dari kemiskinan, kebodohan, dan rasa takut!

Sunday, August 16, 2009

Still Standing

It’s been a while dari suicide bombing di Ritz Carlton dan JW Marriot Jakarta. Sedikit demi sedikit Kepolisian RI sudah berhasil menguak latar belakang dan para pelaku di balik kejadian tersebut. Tadi malam pas lagi bengong, gw kesandung sama lagunya Bryan Adams yang di-remix sama DJ Sammy, Heaven. Lagu ini di-remix untuk mengenang satu tahun kejadian 9/11.

Gw pikir, setahun ke depan bakal ada anak Indonesia yang bakal bilang seperti apa yang ada di dalam lagu itu. Bahwa dia sangat rindu ayahnya yang menjadi korban, bahwa dia selalu membawa foto ayahnya dalam kotak makan siang bergambar Blues’s Clues, dan mencoba tabah bertahan hidup tanpa hangat peluk ayahnya.

RIP para korban. Pada kenyataannya, kami masih tetap berdiri pada tempat semula. We are not afraid, not to the chicken sh!ts yang hanya berani lempar batu sembunyi tangan. Paling enggak, beranilah hadapi muka kami dengan berkata “Ya, kami yang melakukan itu”.


Dj Sammy - Heaven (911 Remix)

*It's been a year daddy
I really really miss you
Mommy says your safe now
In a beautiful place called heaven*

Oh I'm thinking about our younger years

*We had your favorite dinner tonight*

there was only you and me

*I ate it all up*

We were young and wild and free

*Even though I don't like carrots*

Now nothing can take you away from me

*I learned how to swim this summer*

We've been down that road before

*I can even open my eyes*

But that's over now

*While I'm under water*

You keep me coming back for more

*Can't you see me?*

Baby you're all that I want
When you're lying here in my arms
I'm finding it hard to believe
We're in heaven

*I started kindergarten this year*

Love is all that I need
And I found it there in your heart
It isn't too hard to see
We're in heaven


*I carry a picture of us
In my Blue's Clues lunchbox*

Oh once in your life you find someone

*You are the greatest daddy*

Who will turn your world around
Pick you up when you're feeling down
Now nothing can change what you mean to me

*I can swing on the swing by myself*

There's a lot that I could say
But just hold me now


*Even though I miss you pushing me*

Cause our love will light the way

*Can't you see me?*

Baby you're all that I want
When you're lying here in my arms
I'm finding it hard to believe
We're in heaven


*I miss how you used to tickle me*

And love is all that I need

*Tickle my belly*

And I found it there in your heart

*My belly hurts*

It isn't too hard to see
We're in heaven


*I try not to cry*

I've been waiting for so long

*Mommy says it's okay*

For something to arrive
For love to come along


*I know you don't like it when I cry*

Now our dreams are coming true
Through the good times and the bad


*You never wanted me to be sad*

I'll be standing there by you

*I try Daddy but it hurts*

Baby you're all that I want

*Is it true you're not coming home?*

When you're lying here in my arms

*Maybe someday*

I'm finding it hard to believe
We're in heaven


*I can visit you in heaven, okay?*

And love is all that I need
And I've found it there in your heart
It isn't too hard to see
We're in heaven


*It's time for me to go bed now
I sleep with the light on
Just in case you come home
And kiss me good night
I love you so much
I miss you Daddy*


Sumber lirik :
www.lyrics007.com