Sunday, August 23, 2009

Ramadhan Telah Tiba

Ya ayyuhal lathiyna aamanu, kutiba alaikumus-siyam, kamaa kutiba alal-lathiyna min qablikun, laalakum tattaquun (Surat Al-Baqarah 2:183).

Dua belas purnama telah lewat sejak Ramadhan terakhir. Artinya selama sebulan penuh ke depan, muslimin di seantero kolong jagad berlomba menegakkan ibadah Ramadhan yang telah dicontohkan oleh umat2 sebelumnya. Entah itu sebagai tradisi, keyakinan, atau hanya gagah-gagahan saja, toh juga hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui dan berhak menilai.

Menyitir doa malaikat Jibril menjelang Ramadhan yang kemudian diamini oleh Rasullah SAW sebanyak tiga kali : "Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut: 1) Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada); 2) Tidak berma'afan terlebih dahulu antara suami isteri; 3) Tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya”. Karena itu dengan segala kerendahan hati, saya mohon maaf atas segala tindakan yang kurang berkenan di hati.

Akhirul kalam, selamat beribadah di bulan Ramadhan tahun 1430 H ini. Selamat menginterpretasikan makna ibadah dengan kacamata masing-masing. Semoga doa dan usaha atas semua amal ibadah kita di-ijabah-i oleh Allah SWT.

Sumber : berbagai sumber.

No comments: