Saturday, October 03, 2009

Hari Batik Sedunia

Parang Barong

Tanggal 2 Oktober 2009 adalah hari yang spesial buat Bangsa Indonesia. Karena pada saat itulah Lembaga PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya (UNESCO) bakal menetapkan batik sebagai warisan budaya dari Indonesia (the world cultural heritage of humanity from Indonesia). Hal yang perlu digaris bawahi adalah kata “dari Indonesia” karena hal ini merupakan “kemenangan” atas salah satu isu sensitif yang merebak terutama setelah adanya klaim dari negara tetangga tentang asal usul dan hak kekayaan intelektual atas batik.

Gerakan Memakai Batik tanggal 2 Oktober 2009 sudah digulirkan dari jauh-jauh hari. Getok tular dari mulut ke mulut, dari mulut ke mulut, dari e-mail ke e-mail, dan tentu saja dari milis ke milis. Akibatnya “Batik Craze” merajalela di Indonesia. Batik yang pada umumnya digunakan untuk pakaian sekarang dimodifikasi dengan segenap kreatifitas yang dimiliki seperti niatan beberapa blogger untuk mengganti template blog mereka menjadi bermotif batik dan para biker yang mengecat helm mereka sehingga bermotifkan batik.

Para anggota Loenpia.net pun sepertinya gak mau ketinggalan buat memperingati hari yang bersejarah ini dengan mengumpulkan foto segenap anggotanya di seluruh kolong langit yang memakai batik pada tanggal 2 Oktober 2009. Hasilnya silakan diliat sendiri.

Loenpia Mendadak Batik

Gw sendiri cuma pilih buat pake batik (sebenernya sih tiap Jumat juga pake batik :P) dan ngubah banner jadi bermotifkan batik. Motif yang gw pilih untuk nampang di banner adalah motif Parang Barong. Pada jaman feodal Jawa, motif Parang Barong ini hanya boleh dipakai oleh Bendara atau Anak Turun Bangsawan lainnya. Tetapi karena telah terjadi pergeseran tata nilai, maka norma yang mengatur bahwa motif2 yang tadinya menunjukkan kelas status sosial si pemakai tersebut sekarang menjadi agak mengendur. Kecuali pada kelompok masyarakat yang masih berpegang teguh pada tradisi, hal ini tentu saja masih menjadi tabu. Kalau gak percaya silakan tanya Abdi Dalem di Jogja sana.

Batik adalah warisan budaya dari Indonesia yang diakui UNESCO setelah wayang (2003) dan keris (2005). Sedangkan warisan budaya dari Indonesia selanjutnnya yang sedang diusulkan adalah angklung.

sumber: foto "Loenpia Mendadak Batik" diambil dari koleksi foto Saudara Pepeng Escoret

6 comments:

Latree@Dandelion said...

ha... banner batik. keren! pengen ngganti bannerku sih, tapi yang ada sekarang baru sebentar mejeng, masih suka. kapan2 lah, ngga harus pas hari batik to?

matahari said...

hehehe, iki akibat kakehan kafein, mbak (wingi ake ngombe iced capuchino 2 gelas besar :P ). ya kalo butuh bantuan bikin banner ato gamber coret2 lainnya aku isa bantu :D

batik, yaaaayyy!!

Oes Tsetnoc said...

haha, mari kita galakkan pake batik heuheuheuheue

wak reini said...

mas. wak tiap hari dirumah juga selalu pakai long dress batik sbg busana muslimah. enak, adem. jadi sebelum ada hari batik, wak dah cinta batik. hehehe.

Nina Ardianti said...

lon, di perusahaan sapi perah kan pake batik bukan kalau tiap jumat?
di bank biru kuning juga gitu...

ah, pada telat nih orang-orang... kemana ajeeee....

bayusas04 said...

batik for architecture fasade.
just wait & see..
hehehehe..