Saturday, May 22, 2010

Pac-Man on Google


Hari ini sepertinya Google bikin doodle yang unik lagi. Kabarnya, hal ini untuk memperingati ulang tahun ke-30 game Pac-Man. Anda yang lahir di tahun 70-an dan 80-an pasti akan tau persis betapa populernya game ini di tahun 1980-an itu. Hari Jumat dan Sabtu (22-23/05) ini, halaman muka Google diubah menjadi area bermain game Pac-Man.

Bukalah halaman Google dan logo Google akan berujud kotak game Pac-Man. Sabar beberapa saat sampai game siap dimainkan. Nyalakan speaker Anda untuk menikmati musik a la Pac-Man yang unik dan khas.

Setelah merentang lintas generasi selaama 30 tahun, mungkin ada baiknya saya jelaskan aturan main Pac-Man. Pac-Man lahir saat konsol game hanya cukup digerakkan kanan dan kiri, tidak seperti konsol-konsol mutakhir yang punya banyak tombol untuk memanjakan pengalaman main game. Anda berperan sebagai Pac-Man yang digambarkan sebagai bulatan kuning yang harus menghabiskan titik-titik sepanjang labirin (yang sekarang berbentuk logo Google). Jangan sampai menabrak hantu-hantu yang bergentayangan di sepanjang labirin. Makan bulatan yang agak besar atau buah cherry karena itulah sumber kekuatan Pac-Man jika ingin membunuh hantu gentayangan. Jika anda menabrak hantu, jangan khawatir, permainan dapat dimainkan kembali. Gunakan tanda panah pada keyboard untuk bergerak kanan-kiri-atas-bawah.

Jika Anda ingin bermain bersama kawan, klik tombol “insert coin/masukkan koin”. Untuk bergerak, mintalah kawan Anda untuk menggunakan tombol W,A,S, dan D.

Untuk saya pribadi, Pac-Man punya tempat khusus di dalam memori. Game retro ini pada waktu itu sudah sangat kompleks karena perbandingannya adalah permainan tradisional seperti umbul, benthik, engklek, dan gobak sodor.



Share

1 comment:

momon said...

Ahhhh sampe sekarang pun aku kadang mainin game pac man di hape..
ekekekeke.. :D :D

Gimana ragnarok'nya? xixixixi...